GGF Terima Kunjungan Peserta Konferensi Internasional
Cari Berita

Breaking News

banner atas

GGF Terima Kunjungan Peserta Konferensi Internasional

Kamis, 17 Oktober 2019


Peserta International Conference on Sustainable Biomass di GGF Terbanggi Besar, Lampung Tengah. Foto. Ist.

INILAMPUNG.com -  Sebanyak 50 peserta International Conference on Sustainable Biomass (ICSB) 2019 pada 17 Oktober 2019 mengujungi perkebunan dan perternakan Great Giant Food di Terbanggibesar Lampung Tengah. 

Rombongan terdiri dari para peneliti, ilmuwan, insinyur dan mahasiswa dipimpin Profesor Dr. Eng. Ir Udin Hassanudin, MT dan diterima oleh Julius Sugarjanto, Manager Sustainability GGF.

ICSB adalah even internasional yang membahas dan menyampaikan hasil–hasil riset dan praktisi berkaitan  pengelolaan (pengolahan, pemanfaatan dan utilisasi) biomassa oleh para peneliti dari perguruan tinggi, lembaga riset, serta praktisi baik dari dalam dan luar negeri yang diadakan di Kota Bandarlampung.

Ada beberapa “pathways” atau jalur berkaitan dengan pengelolaan biomassa, namun tidak semuanya sesuai dalam konteks efektifitas dan efisiensi untuk suatu organisasi / perusahaan yang menghasilkan biomassa.

Mengikuti event ini cukup menarik untuk menambah wawasan berkaitan dengan pengelolaan biomassa khususnya yang belum terutilisasi dengan baik sehingga bisa menjadi referensi dalam pengelolaan selanjutnya.

Julius mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Universitas Lampung, bersama Universitas Gajah Mada, dan University of Boras (Swedia).

Guru Besar Bidang Pengolalaan Limbah Agroindustri, Udin Hassanudin mengatakan tujuan ICSB berkunjung ke GGF karena GGF merupakan objek paling lengkap dalam pemanfaatan biomass dan aspect sustainability sangat melekat dalam operasional industri ini.


"Tidak hanya masalah ekonominya tapi juga lingkungan dan sosialnya secara terintegrasi itu sudah diperhatikan. Kami sangat berterima kasih sudah diterima disini. Mudah-mudahan apa yang diterapkan GGF dapat diterapkan di tempat lain," katanya.

Sementara itu Dosen Teknik Kimia ITB bagian dari Center for Carbon Capture and Storage  Ir. Sanggono Adisamito, Ph.D  mengatakan, di GGF semua yang berkaitan dengan sustainable resources dan renewable resources diurus secara telaten.
Karena industri biasanya lebih menguatmakan produksi, tapi GGF mengolah limbah dengan baik. Penyediaan energi pun tidak hanya membeli dari luar tapi juga membangkitkan energi dari limbah dari pabrik.

Dalam kunjungan ini, peserta meninjau peternakan sapi, proses pemerahan susu sapi dilanjut ke pabrik pembuatan pupuk kompos serta berkunjung ke proses pembuatan biogas yang dimiliki Great Giant Foods.

Konferensi ini diprakarsai Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomassa Tropis di Kuala Lumpur. Saat ini Universitas Lampung menjadi tuan rumah konferensi ini bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Universitas Boras, Swedia dan didukung oleh Dewan Penelitian Swedia, BPDP Kelapa Sawit Indonesia dan Cenergi SEA Malaysia. (red).