Agus Istiqlal: Guru Salah Satu Aktor Utama Perubahan
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Agus Istiqlal: Guru Salah Satu Aktor Utama Perubahan

Senin, 25 November 2019


Hari Guru Nasional dan HUT ke-74 PGRI di Pesisir Barat. Foto. Ina.
INILAMPUNG.COM - Guru merupakan salah satu aktor utama perubahan menuju ke arah yang lebih baik melalui perannya dalam membentuk karakter generasi muda.  
Hal itu ditegaskan Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal pada peringatan 74 tahun Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Pantai Labuhanjukung, Senin (25/11/2019).

Karena itu, Agus Istiqlal mendorong para guru terus berkarya membentuk karakter para generasi muda, sekaligus mengukir prestasi.

Guru merupakan profesi mulia. Setiap hari para guru berhadapan dengan para generasi penerus. Di tangan guru, karakter para pelajar itu dibentuk.

Bunda PAUD Pesibar, Septi Istiqlal menyerahkan hadiah umrah untuk guru. Foto. Ina.
"Saya sendiri tidak mungkin bisa menjadi seperti ini tanpa peran seorang guru. Orang tua saya guru agama," pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pesbar, Hapzi mengatakan, Mendikbud telah mengangkat isu yang sejak dulu sudah ketahui bersama. Yaitu, guru berbeda dalam sebuah dilema antara harus mendidik anak dan setumpuk tugas administrasi.


Pada sisi lain, kesejahteraan guru belum merata. Begitu juga dengan kompetensi guru. Hal ini yang menjadikan gerak guru dalam menjalankan tugasnya mencerdaskan anak didiknya semakin berat.

Pada kesempatan itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pesisir Barat memberikan berbagai penghargaan terhadap puluhan guru teladan dan satu penghargaan kepada seorang pelajar SMP yang berhasil merengkuh juara surfing nasional tingkat SMP beberapa waktu lalu.

Hadiah antara lain berupa biaya menjalankan ibadah umrah gratis yang diserahkan Bunda PAUD Pesibar, Septi Istiqlal. (ina).