Jokowi Resmikan Proyek Tol Terpanjang Indonesia, 189 Km
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Jokowi Resmikan Proyek Tol Terpanjang Indonesia, 189 Km

Jumat, 15 November 2019


Foto: kupastuntas.co)
INILAMPUNGCOM --- Presiden Joko Widodo dijadwal ke Lampung meresmikan jalan tol, Jumat (15/11) ini.

Proyek ini merupakan Jalan Tol terpanjang di Indonesia.

"Jalan tol ini memiliki panjang 189 km dan akan menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia," kata Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di Bandarlampung, Jumat (15/11/2019).

Gubernur bersama Forkompinda telah melakukan berbagai persiapan menyambut kedatangan rombongan Presiden. Rapat mereka bukan dikantor gubernur, melainkan di sebuah cafe Wood Stairs di kawasan jalan Urip Sumoharjo, Bandar Lampung, Kamis (14/11/2019), tadi malam.

Jalan tol akan melintasi Terbanggi Besar - Pematang Panggang sepanjang 112 kilometer, dan ruas tol Pematang Panggang - Kayuagung sejauh 77 Kilometer ini memang difokuskan di Gerbang Tol Simpang Pematang KM 240, Desa Mulya Agung, Kecamatan Mesuji, Provinsi Lampung.

Gerbang tol itu berada di Desa Mulya Agung Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung. Adapun ruas tol itu digarap oleh PT Waskita Karya maupun PT Hutama Karya.

Kepala Sub Bagian Media dan Publikasi Setda, Kabupaten OKI, Adi Yanto, mengatakan, dipandang dari sisi percepatan pembangunan, kehadiran tol ini akan meningkatkan konektivitas provinsi Lampung dan Sumatera Selatan.

Bagian penting lainnya, yakni keberadaan pelabuhan Bakauheni di ujung pulau Sumatera sebagai jalan masuk menuju sejumlah wilayah timur Sumatera.
Gubernur Arinal Djunaidi bersama Forkopimda telah melakukan rapat pemantapan menjelang peresmian, di Wood Stairs Cafe, Way Halim, Kamis malam, (14/11/2019 (foto: warta9.com)
Peresmian jalan tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang sepanjang 112 kilometer, dan ruas tol Pematang Panggang - Kayuagung sejauh 77 Kilometer ini memang difokuskan di Gerbang Tol Simpang Pematang KM 240, Desa Mulya Agung, Kecamatan Mesuji, Provinsi Lampung.

Acara peresmian JTTS dihadiri sekitar 500 orang. Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Panglima Komando Daerah Militer II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan dan beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Dari Bandara Radin Intan, Presiden dijadwal menggunakan helikopter menuju lokasi peresmian.
Lalu, sholat Jumat di Masjid Agung Al Muhajirin di Simpang Pematang.  (*)