Tips Cegah Penyakit Jantung
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Tips Cegah Penyakit Jantung

Sabtu, 09 November 2019


 
Ilustrasi - Menjaga Jantung Sehat
INILAMPUNG.COM - Penyakit jantung terjadi ketika pembuluh darah menyempit karena akumulasi plak kolesterol yang mengakibatkan pasokan darah ke jantung tidak mencukupi.

Ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap penyakit jantung, yaitu faktor gizi, gaya hidup tidak sehat dan faktor genetik atau genetik.

Praktek gizi dan penyakit

Konsumsi makanan terlepas dari isi dan jenis makanan akan menyebabkan kita terpapar berbagai gejala penyakit, terutama diabetes, hipertensi dan obesitas, yang menyebabkan masalah jantung.

Karena itu, praktik makan sehat dan mengetahui kandungan gizi makanan bisa mencegah penyakit jantung.

Asupan makanan berlemak dan tinggi lemak yang sering seperti roti kaleng dan makanan ringan membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan tekanan darah tinggi.

Lalu kurangi makanan yang digoreng; pilih makanan yang dikukus, dipanggang atau dipanggang dan kurangi asupan garam dalam masakan sehari-hari.

Selain itu, serat dalam makanan juga bisa menyerap sebagian lemak atau kolesterol. Serat seperti oatmeal dapat mengurangi kolesterol.
Serat alami yang kaya akan sayuran dan buah-buahan segar juga bisa menyerap kolesterol dalam tubuh.

Mengkonsumsi makanan dan minuman berkadar gula tinggi seperti permen dan minuman ringan dapat menyebabkan diabetes atau diabetes dan mempercepat risiko serangan jantung koroner.

Mereka yang memiliki kecenderungan terkena penyakit jantung dianjurkan untuk makan daging putih seperti ayam, atau ikan dan harus menghindari makan daging merah sesering daging sapi, kambing, kerbau dan lain-lain.

Konsumsi makanan yang berlebihan dapat menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas. Ini juga akan meningkatkan tekanan darah dan menurunkan kadar lemak dalam tubuh Anda.

Karena itu, selalu hindari makan terlalu banyak untuk menghindari obesitas, karena seseorang yang memiliki lingkar pinggang lebih dari 80 cm dianggap berisiko tinggi terkena penyakit jantung.

Berlatih cara hidup

Bagi yang gemar makan, tidur dan hanya istirahat tanpa melakukan aktivitas keringat juga sangat rentan terhadap penyakit jantung.

Karena itu, kami sangat dianjurkan untuk mempraktikkan gaya hidup sehat seperti olahraga atau olahraga.

Berolahraga secara teratur. Setiap orang dewasa yang sehat berusia antara 18 dan 65 harus melakukan setidaknya 30 menit olahraga lima hari seminggu atau kami didorong untuk berjalan 10.000 langkah sehari.

Olahraga akan membantu merangsang aliran darah lebih lancar sambil juga membantu berkeringat dan menurunkan berat badan.

Kegiatan seperti berjalan, jogging atau jogging dapat memperkuat sistem jantung dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Aktivitas sehat ini juga dapat mengatasi stres yang dialami seseorang.

Stres atau tekanan juga merupakan salah satu faktor yang meningkatkan tekanan darah, yang menyebabkan pembuluh darah mengencang dan ini secara tidak langsung mempengaruhi jantung kita.
Kita perlu mengendalikan tekanan emosi agar tidak membengkak atau membengkak. Jadi menghilangkan stres dengan melakukan kegiatan yang sehat dan santai dapat menghilangkan ketegangan atau masalah dan pada gilirannya menyelamatkan hati kita.

Bicaralah dengan keluarga atau teman dekat jika Anda memiliki masalah karena ini juga merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stres.

Merokok atau minum alkohol bukanlah hal yang baik bagi kita karena dapat membahayakan diri kita sendiri. Merokok juga akan memungkinkan kita untuk menghadapi berbagai penyakit terutama ketika kita berusia lebih dari 35 tahun.

Merokok jelas tidak baik untuk jantung, jadi cobalah untuk mengurangi atau menghentikannya terus-menerus agar jantung kita sehat dan aman.

Begitu juga alkohol, karena semakin banyak kita minum alkohol, semakin besar kemungkinan kita terkena serangan jantung atau penyakit jantung.

Sumber: Portal MyHealth

#LIFE STYLE