Besok Gerhana Matahari, Untuk Shalat Khusuf Catat Jamnya
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Besok Gerhana Matahari, Untuk Shalat Khusuf Catat Jamnya

Reporter
Rabu, 25 Desember 2019

INILAMPUNGCOM - Besok, 26 Desember 2019 sejumlah wilayah di Indonesia bakal bisa mengamati Gerhana Matahari Cincin. Apa sih bedanya Gerhana Matahari Cincin dengan Gerhana Matahari biasa?

Dikutip dari laman Gerhana Indonesia, Rabu (25/12), Gerhana Matahari itu terjadi saat bulan pada fase Bulan baru, ketika posisi Bulan terletak antara Bumi dan Matahari.

Namun, gerhana matahari tak selalu terjadi pada tiap fase Bulan baru. Hal ini karena Bulan bergerak mengelilingi Bumi dengan kemiringan orbit sekitar lima derajat terhadap bidang orbit Bumi terhadap Matahari (ekliptika).

Kemiringan orbit itu tak membuat Bulan selalu sejajar dengan Matahari dan Bumi. 

Tetapi, jika fase Bulan baru berlangsung ketika Bulan berada pada titik perpotongan garis orbitnya dengan orbit Bumi-Matahari, terjadilah gerhana.

Ketika gerhana, piringan Matahari di langit akan tertutup oleh piringan Bulan. Dengan begitu, cahaya matahari akan terhalang. 

Kerucut bayang-bayang Bulan yang disebut umbra dan penumbra akan jatuh ke sebagian wilayah permukaan Bumi.
Pada saat Gerhana Matahari Total, piringan Matahari akan tertutup seluruhnya oleh piringan Bulan. Namun, pada 26 Desember nanti, piringan Bulan tak seratus persen menutupi piringan Matahari.

Hal ini mungkin terjadi karena Bulan mengelilingi Bumi dalam orbit elips. Artinya, ada kalanya Bulan berada dekat dengan Bumi dan ada kalanya jauh.

Bersamaan dengan ini, Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengumumkan bahwa pada Kamis, 29 Rabiulakhir 1441 H bertepatan dengan 26 Desember 2019 M, seluruh wilayah di Indonesia akan mengalami gerhana matahari sebagian. Di sebagian wilayah Indonesia akan mengalami gerhana matahari cincin.

Dikutip dari suaramuhammadiyah.id , Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengimbau kepada pimpinan dan warga muslim khususnya untuk melaksanakan ibadah shalat gerhana matahari (shalat khusuf), serta melakukan pengamatan gerhana menggunakan alat yang dimiliki. Adapun keterangan waktu pelaksanaan shalat sebagaimana terlampir.(zal/inilampung)