Cegah Illegal Logging Melalui Sosialisasi Karhutala
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Cegah Illegal Logging Melalui Sosialisasi Karhutala

Reporter
Senin, 16 Desember 2019


INILAMPUNGCOM - Saat ini hujan sudah mulai turun, namun Polsek Cukuh Balak Polres Tanggamus tetap melakukan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan (karhutala). Dua personelnya, Bripka Doni Hariyanto dan Bripka Sigit DA diturunkan untuk sambang dan kunjung ke masyarakat Pekon Tengor Kecamatan Cukuh Balak, Tanggamus, Minggu (15/12/19) siang.

"Kami akan terus melaksanakan sosialisasi hingga benar-benar tidak terjadi gangguan. Kepada masyarakat juga selain Karhutla, agar melaporkan apabila menemukan adanya indikasi illeggal logging," terang Ipda Eko di Mapolsek Cukuh Balak.

Kegiatan sosialisasi Karhutala memang sudah rutin dilakukan oleh Polsek Cukuh Balak. Sambang bermaksud memberi himbauan tentang antisipasi dini kebakaran hutan dan lahan. Kemudian, bersamaan dengan itu juga anggota dapat menyaring informasi masyarakat apabila adanya illeggal logging, sehingga semua berjalan bersamaan.

Untuk diketahui, disana terdapat sejumlah lahan yang ditanami pohon jati, yang biasanya daun kering yang telah jatuh ke tanah lebih mudah terbakar, bahkan terkadang dibakar sendiri oleh pemiliknya guna menyuburkan lahan.

Bripka Doni berharap, kerjasama masyarakat di wilayah hutan dan lahan untuk selalu menjaga agar tidak terjadi kebakaran. "Diantaranya jangan membakar sampah sembarangan maupun membuang puntung rokok sembarangan sehingga memicu kebakaran," harapnya.(su/rls/inilampung)