Hearing, DPRD Tanya KPU Lampung Soal Dugaan Suap dan Pilkada
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Hearing, DPRD Tanya KPU Lampung Soal Dugaan Suap dan Pilkada

Senin, 02 Desember 2019

INILAMPUNGCOM - Komisi I DPRD kembali menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan KPU Lampung, setelah undangan pertama (22/11) mangkir. DPRD menanyakan adanya dugaan suap rekrutmen KPU Kabupaten/kota.

Ketua Komisi I Yozi Rizal mengungkapkan bahwa, Erwan Bustami selaku ketua KPU Lampung sudah melakukan proses klarifikasi yang saat jelas.

"Soal isu yang berkembang, Ketua KPU Lampung, Erwan saat hearing tadi sudah menyampaikan dengan terbuka, dan kami menghormati proses hukum yang sedang dijalani, karena memang di zona hukum ada azas praduga tak bersalah," penjelasan Yozi, usai hearing.

Dengan begitu, masih kata Yozi, Komisi I DPRD Lampung menghormati proses hukum yang dijalani komisioner KPU Lampung  Esti Nur Fatonah. 

Sebelumnya, berdasarkan pengakuan Budiono Esti Nur Fatonah diduga ikut melakukan jual beli jabatan dalam rekrutmen KPU Kabupaten/kota.

Kemudian Ketua KPU Lampung, Erwan Bustami mengaku lembaganya tidak akan menyiapkan bantuan hukum kepada Esti. "Karena dalam sidang DKPP nanti biasaya yang bersangkutan dihadirkan langsung," tambah Erwan.

Agenda Rapat Dengar Pendapat kali ini, Selain menanyakan soal isu jual beli jabatan, Komisi I juga menjajaki kesiapan KPU dalam menjalankan pilkada serentak 8 kabupaten/kota Lampung.(zal)