Kelompok Bamsot Mengklaim Didukung Lebih 385 Suara
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Kelompok Bamsot Mengklaim Didukung Lebih 385 Suara

Minggu, 01 Desember 2019

INILAMPUNGCOM -- Sudah ada 8 bakal calon ketua umum Partai Golkar mendaftarkan diri. Namun, dari 8 nama, Airlangga Hartarto justu belum masuk.

Jubir Munas, Christina Aryani mengaku belum mendapat kabar resmi kenapa, Airlangga Hartarto yang dinanti publik, justru belum mengambil formulir.

Sementar para penantang Airlangga, seperti Bambang Soesatyo, Indra Bambang Utoyo, Ridwan Hisjam, dan Agun Gunandjar Sudarsa sudah mengambil formulir.

Menurut Christina, dari 8 nama, 4 diantaranya merupakan nama-nama beken yang selama ini sudah muncul ramai. Sementara 4 lainya, merupakan kader-kader muda potensial Golkar lain.

Pendaftaran bakal calon ketua umum dibuka hingga 2 Desember 2019 di DPP Partai Golkar. Seluruh kader yang ingin menjadi ketua umun Golkar dipersilakan untuk mendaftarkan diri.

Munas Partai Golkar bakal digelar pada 3 hingga 6 Desember 2019 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta.

Cristina sempat menanggapi wacana kubu Bambang Soesatyo ingin menggelar Munas tandingan Golkar. "Nggk usahlah buat wacana Munas tandingan, siapa tahu nanti hasil Munas ini bikin happy," kata Chistina disela-sela diskusi Golkar, di Jakarta, Sabtu.

"Kedaulatan ini ada di pemilik suara. Suara itu ada di mereka dan mereka memiliki kedaulatan untuk menggunakan suaranya," pungkas dia.

Munas Golkar, terutama pada pleno pemilihan akan melalui beberapa tahapan. Tahap pertama, merupakan penjaringan bakal calon ketum. Tahap kedua adalah pencalonan. Ketiga, tahapan pemilihan.

 "Di AD/ART kami juga diatur soal syarat seseorang jadi ketum. Misalnya aktif di parpol, lalu jadi pengurus lima tahun berturut-turut lalu tidak pernah pindah atau tak pernah jadi anggota parpol lain.

Lalu, ada prestasi, dedikasi, tidak ada perbuatan yang tercela. Kemudian bersedia meluangkan waktu untuk mengurus organisasi serta harus memiliki 30 persen dukungan," ucap dia.

Didukung 385 Suara
Kelompok Bamsoet mengklaim sudah mengantongi banyak dukungan. Loyalis Bamsoet mengklaim jagoan mereka mengantongi 385 suara. Munas Partai Golkar sendiri akan dilaksanakan pada 3-6 Desember 2019.

"Dukungan daerah terhadap kami sudah sebesar, terhadap Bamsoet itu sudah sekitar 385. Anda boleh bilang si A klaim sekian, si B klaim sekian. Tapi itu, itu fakta kami," kata loyalis Bamsoet, Cyrillus Kerong, beberapa waktu lalu.

Menurut pengamat politik Hanta Yuda, tradisi debat publik caketum jelang Munas merupakan hal positif dalam dunia politik. Selain memberikan pendidikan politik bagi masyarakat, debat publik menjadi ajang menguji gagasan para caketum.

"Tapi kalau caketum cuma satu bagaimana mau didebatkan. Minimal dua atau berapa. Jadi itu taruh gagasan memberikan pesan kepada publik bahwa Golkar sudah memulai tradisi lima tahun lalu," ujarnya. (*ZAL/inilampung.com)