Kereta Api Bandara Dibangun Tahun Depan
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Kereta Api Bandara Dibangun Tahun Depan

Reporter
Minggu, 29 Desember 2019


INILAMPUNGCOM -- Pemerintah pusat akan membangun stasiun kereta api (KA) rute Bandara Radin Intan II, Lampung Selatan menuju Bandar Lampung.

Jalur khusus KA rute bandara ini tidak akan menggunakan jalur baru, melainkan tetap memakai jalur eksisting yang sudah ada saat ini.

Belum diketahui berapa nilai proyek tersebut, tetapi pendanaanya dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub). Fasilitas baru itu, sifatnya cukup membangun satu stasiun di seberang jalan bagian depan Bandara Raden Inten.

Nantinya, Kereta Api (KA) lokal seperti KA Limex Sriwijaya, rute Kertapati (Palembang) menuju Tanjung Karang (Lampung) akan berhenti di stasiun bandara dulu. KA lokal ini akan difungsikan mengangkut penumpang ke bandara.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Sumatera Bagian Selatan, Kemenhub, Made Suartika, di Jakarta, Sabtu, 28 Desember 2019, mengatakan, proyek kereta api Bandara Raden Inten akan dimulai tahun depan 2020. Diproyeksikan, 2022 sudah beroperasi.

"Kalau proses lahana stasiunya lancar, tahun 2021 sudah bisa dioperasikan," kata Made Suartika, Sabtu.

Sejumlah kota-kota besar sudah lebih dulu memiliki kereta api jalur khusus bandara. Dua hari lalu, Kemenhub membuka jalur KA Adi Soemarmo, Solo. (tmp/inilampung.com)