Tuntut Pembebasan Al-Aqsa, Ratusan Massa di Metro Turun ke Jalan
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Tuntut Pembebasan Al-Aqsa, Ratusan Massa di Metro Turun ke Jalan

bdy
Sabtu, 14 Desember 2019


INILAMPUNG.COM - Tepat dua pekan sejak 29 November yang diperingati sebagai Hari Solidaritas Internasional Atas Rakyat Palestina yang ditetapkan oleh PBB, ratusan massa di Kota Metro, Lampung, turun ke jalan menuntut pembebasan Al Aqsa, kemarin (13/12/2019).

Massa aksi yang menamai diri dengan Aliansi Masyarakat Selamatkan Al Aqsa (AMSA) Lampung ini melakukan aksi solidaritas sekaligus penggalangan dana untuk membantu korban kejahatan tentara Israel yang ada di Palestina. 

Massa gabungan yang terdiri dari berbagai organisasi ini memenuhi sekitaran tugu Pena yang ada di pusat Kota metro.  Dalam aksinya, AMSA Lampung menyerukan beberapa tuntutan, yaitu:
1. Mengutuk keras atas tindakan semena-mena yang dilakukan oleh Israel terhadap bangsa Palestina.
2. Mendesak pemerintah untuk bersikap tegas terhadap kedzaliman Israel.
3. Mengajak masyarakat untuk terus melakukan penggalangan dana membantu bangsa Palestina.
4. Senantiasa mendoakan bangsa Palestina agar diberikan kekuatan menghadapi kedzaliman Israel.

Suwanda, selaku koordinator lapangan (Korlap), dalam rilisnya mengatakan bahwa Palestina bukanlah negara yang asing bagi bangsa Indonesia. 

“Palestina hadir, melalui salah satu Mufti-nya—Amin Al Husaini—di saat negara-negara lainnya masih takut untuk mengakui kemerdekaan Indonesia pada waktu itu. Dan hari ini, detik ini, Palestina belum juga terbebas dari penjajahan. Maka sudah semestinya kita mendukung dan menyerukan kemerdekaan Palestina,” ujarnya. 

Masih kata Suwanda, donasi yang terkumpul pada saat aksi akan disumbangkan ke Palestina melalui Lembaga Kasih Palestina (KP) Lampung. Sementara jumlah yang terkumpul sampai sore ini berjumlah Rp 17.567.700,00 dan dipastikan akan terus bertambah karena masih banyak masyarakat yang ingin memberikan donasinya. 

“Saya yakin, jumlah ini akan terus bertambah, sebab masih banyak masyarakat yang ingin terus berdonasi. Bahkan, kami menerima whatsap dari luar Metro, yaitu dari Labuhanmaringgai, ada yang sudah menyiapkan donasi.” 

Aksi yang dimulai pukul 16.00 hinga menjelang Magrib itu berjalan lancar tanpa ada kendala. Petugas Kepolisian yang ada di lokasi dengan sigap mengatur lalu-lintas sehingga tidak sampai terjadi kemacetan meskipun sebagian jalan di tugu Pena dipadati oleh massa aksi. (rls/bdy)