Ahmad Md Tahir: Manusia adalah Pelayar dalam Kehidupan Ini
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Ahmad Md Tahir: Manusia adalah Pelayar dalam Kehidupan Ini

bdy
Jumat, 31 Januari 2020





Ahmad Md Tahir (Singapura) saat membaca puisi di panggung International Poetry Festival, Tegal Mas Island, 24-26 Januari 2020.


Lamban Sastra Isbedy Stiawan ZS telah bekerjasama dengan pengusaha wisata Tegal Mas Island, yakni H.Thomas Aziz Riska, menyelenggarakan Festival Puisi Internasional Pulau Tegal Mas (Tegal Mas Island International Poetry Festival) pada 24-26 Januari 2020. 

Ini merupakan kali pertama Lampung jadi tuan rumah acara sastera yang berskala sejagat & kerantauan. Kegiatan ini dijangkakan akan menjadi festival puisi yang bakal dilaksanakan setiap tahun.

Festival kali ini menampilkan tema "Tuhan, Pulau, Kata-kata" mengingatkan segala kehidupan & semesta ini bermula dari Tuhan. Sedang negara Indonesia adalah sebuah negara maritim yang ditaburi dengan pulau-pulau. Begitu juga manusia termasuk insan penyair adalah pelayar dalam kehidupan ini. Antologi puisi berjudul Tegal Mas Island dalam Antologi Puisi — Poetry International Festival 2020, yang memuatkan karya puisi para penyair peserta -- sebanyak 80 penyair -- diluncurkan pada malam perasmian festival tersebut.

Melalui festival puisi ini, penganjur berharap Pulau Tegal Mas serta daerah Lampung dapat dikenali sebagai sebuah destinasi wisata & budaya.

==

Pulau Tegal Mas adalah sebuah pulau wisata di Teluk Lampung, yang baru dibuka pada bulan September 2017 oleh seorang pengusaha wisata H.Thomas Aziz Riska. 

Pulau ini terletak kira-kira 10 km dari Bandar Lampung, manakala pekan terdekatnya ialah di Teluk Pandan, sejauh 1 km saja dari pulau tersebut. Oleh kerana pulau itu terletak di dalam sebuah teluk, ia terlindung dari ombak besar, justeru perairan di Pulau Tegal Mas sangat tenang. Pulau ini boleh dikunjungi melalui bot yang disediakan pengelola di Dermaga Tegal Mas dan Mutun Putra, sekitar 10-15 menit perjalanan. 

==

Bandar Lampung merupakan ibu kota & kota terbesar di Provinsi Lampung, manakala Provinsi Lampung pula adalah sebuah provinsi yg paling selatan di Pulau Sumatra. Di sebelah utara ia berbatasan dengan Bengkulu & Sumatra Selatan.


Penyair dan peserta Festival Puisi Internasional, Tegal Mas Island.