Balai Metrologi Tera Ualng Timbangan Agen Gas LPG 3 Kg
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Balai Metrologi Tera Ualng Timbangan Agen Gas LPG 3 Kg

Reporter
Kamis, 16 Januari 2020

Romi Herwansyah disaksikan Fauzi saat tera ulang timbangan milik agen gas LPG 3kg. Foto. Tyo.

INILAMPUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten Pringsewu melakukan tera ulang 74 timbang elektronik dan digital milik agen gas LPG tiga kilogram (kg) di Kelurahan Pringsewu Barat,  Kamis (16-1-2020).

Tera ulang dilakukan UPTD Balai Metrologi Legal Dinas Koperindag UKM Pringsewu, berlangsung di gudang agen LPG 3 kg PT Sulaiman Djakfar Bersaudara.

Kadis Koperindag UKM Pringsewu Masykur Hasan mengatakan, agen LPG 3 Kg itu membawahi sembilan kecamatan di Pringsewu.

Tera ulang ini merupakan yang pertama dilakukan setelah Prinsewu mendapatkan bantuan sarana dan prasarana untuk operasional tera ulang dari Kementerian Perdagangan.

"Kabupaten Pringsewu kini bisa melaksanakan tera ulang yang sebelumnya wewenang Provinsi Lamping. Tera ulang di PT Sulaiman ini atas permintaan pemiliknya, Haji Safroni," jelas Masykur.

Ke depan, pihaknya akan menjadwalkan agen-agen LPG yang lain agar menera ulang timbangannya. "Kami juga akan melakukan tera ulang pelaku usaha lain, termasuk SPBU (pom bensin)," katanya.

Diharapkan, kegiatan ini mendapat respon positif dari pelaku usaha, kususnya yang menggunakan alat ukur timbang. Pada 2020, Dinas Perdagangan Pringsewu akan mengawasi secara ketat penggunaan timbangan untuk kepentingan bisnis.

Sementara Wakil Bupati Pringsewu Fauzi yang turut menghadiri kegiatan itu mengaku bangga kini Kabupaten Pringsewu bisa melakukan tera timbangan. "Tinggal ke depan menyiapkan gedung untuk balai metrologi," katanya.

Wabup Fauzi mengimbau pelaku usaha yang telah melakukan tera/tera ulang agar dapat menginformasikan dan menyebar luaskan kepada pelaku usaha lain agar dapat mengikuti jejaknya.

Kepada Dinas Koperindag UKM agar proaktif memberikan sosialisasi dan pemberitahuan terlebih dulu jika akan melakukan kegiatannya. "Saya sangat mendukung pada pelaksanaan perdagangan yang jujur, persaingan yang sehat dan keberkahan dalam usaha," imbuh Fauzi.

Terpisah, Kepala UPTD Balai Metrologi Legal Pringsewu, Romi Herwansyah mengatakan, dengan tujuh personil, pihaknya siap melakukan tugasnya dengan baik. (tyo/inilampung.com).