Bupati Pesisir Barat Kunjungan Kerja ke Kemenhub dan Kemendagri
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Bupati Pesisir Barat Kunjungan Kerja ke Kemenhub dan Kemendagri

Reporter
Rabu, 08 Januari 2020

Agus Istiqlal dan rombongan kunjungan ke Kemenhub dan Kemendagri. Foto. Ist.

INILAMPUNG.COM - Sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Pesisir melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Selasa (7-1-2020).

Rombongan yang dipimpin Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, mengawali kunjungan ke Derektorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub di Kemayoran, Jakarta Pusat. Diterima Direktur Angkutan Udara M Kristi Endah Murni.

Pada kesempatan itu, Agus Istiqlal menyampaikan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat menjalin kerjasama dengan berbagai maskapai penerbangan. Seperti Garuda Indonesia, Lions Air, Wings Air, dan Sriwijaya Air.

Kerja sama itu bertujuan menyediakan sarana transportasi udara dari Bandara M Taufik Kiemas, Krui menuju Bandara Radin Inten II, Lampung Selatan, serta kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Agus menyatakan, transportasi udara itu mendesak bagi Pesisir Barat yang antara lain untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata. "Pesisir Barat memiliki destinasi wisata kelas dunia. Sudah banyak wisatawan mancanegara yang berkujung ke sana," katanya.

Selain itu, kata dia, transportasi udara itu tidak semata-mata untuk kepentingan Pesisir Barat. Namun juga bisa menjadi pendorong kemajuan dan perekonomian kabupaten sekitarnya.
"Bandara Taufik Kiemas letaknya strategis karena juga akan memudahkan transportasi daerah kabupaten sekitar Pesisir Barat," dia menjelaskan.

Menanggapi paparan tersebut, Kristi Endah Murni berkomitmen membantu perizinan rute penerbangan. Bahkan siap melayani dalam waktu 24 jam karena telah da aplikasi online untuk pelayanan pemberian izin untuk rute penerbangan.

Selain itu, Direktur Angkutan Udara juga akan membantu Kabupaten Pesisir Barat menjalin kominikasi dengan maskapai penerbangan yang saat ini sedang dalam proses menjalin kerja sama.

Dukungan juga disampaikan Direktur Bandar Udara M. Pramintohadi Sukarno. Menurut dia, sejak awal Menteri Perhubungan mendukung pengembangan Bandara Taufik Kiemas.

Pada kesempatan itu, dipresentasikan tentang masterplan pengembangan dan pembangunan Bandara M. Taufik Kiemas sampai dengan tahun 2040.

Usai di Kemenhub, Agus Istiqlal didampingi Sekretaris Dinas Kominfo Miswandi, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Ariswandi, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Suryadi, melaksanakan kunjungan kerja ke Kemendagri.

Rombongan diterima Staf Khusus Menteri Dalam Negeri Mahendra Jaya, Direktur Jendran Politik dan Pemerintahan Umum Bahtiar, Sekretris Ditjen Bina Keuangan Daerah A. Fatoni, di Lantai 3 Gedung Utama Kemendagri.

Berbagai hal yang disampaikan Agus Istiqlal agar mendapatkan perhatian dari Kemendagri sehingga Pesisir Barat dapat berkembang dan lebih maju.

Salah satu yang dibahas, Kabupaten Pesisir Barat perlu merumuskan regulasi wisata budaya seperti yang telah dilaksanakan di Provinsi Bali dan memperoleh dukungan pemerintah pusat. (rls/ina/inilampung.com).