FISIP UML - Bawaslu Bandarlampung Kerjasama Pengawasan Pilkada
Cari Berita

Breaking News

banner atas

FISIP UML - Bawaslu Bandarlampung Kerjasama Pengawasan Pilkada

Reporter
Selasa, 28 Januari 2020

Dekan Fisipol UM Lampung Zulman Barniat dan Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung  Candrawansah. Foto. Ist.

INILAMPUNG.COM - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) dan  Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bandarlampung bekerjasama dalam bidang pengawasan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Penandatanganan naskah kerjasama berlangsung di Hotel Arinas Bandarlampung, Selasa (28/1/2020). Ditandatangi oleh Dekan Fisipol UM Lampung Zulman Barniat dan Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung  Candrawansah.

Zulman menjelaskan perjanjian kerjasama pengawasan Pilkada merupakan salah satu poin dari bentuk kerjasama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dekan FISIP UML berharap kerjasama perguruan tinggi persyarikatan Muhammadiyh Lampung bisa berperan aktif dalam mengawal dan mewujudkan Pilkada di Bandarlampung 2020 yang demokatis dan berkeadilan.

Sementara Candrawahsah mngatakan pentingnya pengawasan dalam setiap tahapan Pilkada oleh masyarakat, tidak terkecuali mahasiswa dan dosen Fisip UML.

Candrawansah menilai pengawasan partisipatif yang  dilakukan Fisip Universitas Muhammadiyah Lampung merupakan kontribusi positif, apalagi sumberdaya manusia yang dimiliki Bawaslu Kota Bandarlampung terbatas.

Setiap kelurahan, ungkap Candrawansah, hanya satu pengawas dari Bawaslu, sementara jumlah tempat pemungutan suara (TPS) cukup banyak.

Candrawansah berharap perjanjian kerjasama tidak sebatas formal atau seremonial namun harus dapat ditindaklanjuti lebih misalnya mengukur keberhasilan Bawaslu Kota Bandarlampung. (rls/inilampung.com).