Kecamatan Karyapenggawa Bedah Rancangan Anggaran Desa
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Kecamatan Karyapenggawa Bedah Rancangan Anggaran Desa

Reporter
Jumat, 24 Januari 2020

Bedah RAPB Desa Kecamatan Karyapenggawa. Foto. Ina.

INILAMPUNG.COM - Kecamatan Karyapenggawa Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) membedah Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (RAPBDes) Tahun 2020, di Aula Kecamatan Karyapenggawa, Jumat (24-1-2020).

Kegiatan tersebut dihadiri para peratin, juru tulis, operator, dan Lembaga Himpun Pekon (LHP) se-Karyapenggawa.

Selain itu, hadir juga, Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Pesibar, PDP, PDTI, dan PLD Kecamatan Karyapenggawa.

Tenaga Ahli P3MD Pesibar, M. Rido Dinata, dalam paparannya mengatakan bahwa bedah RAPBDes (desk RAPBDes) pada prinsipnya untuk memastikan pelaksanaan APBDes 2020 sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Selain itu, realisasi APBDes juga harus sesuai dengan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) desa atau pekon, dengan merujuk terhadap skala prioritas penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Tahun 2020, ujar Rido.

Rido mengimbau seluruh jajaran di tingkat pekon untuk aktif melaksanakan koordinasi dengan pihak terkait baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten, berkaitan dengan penggunaan ADD dan DD.

"Hal itu bertujuan agar pekon tidak mengalami kesulitan dalam upaya menyusun kelengkapan administrasi yang wajib dipenuhi serta realisasi penggunaan ADD dan DD," tukasnya.

Hal senada juga disampaikan Camat Karyapenggawa, Cahyadi Mo'is yang mengimbau pemerintah pekon melaksanakan realisasi ADD dan DD dengan mengacu terhadap peraturan yang berlaku.

"Kami juga berharap Tenaga Ahli P3MD untuk tidak bosan memberikan pengawasan yang maksimal terhadap pekon. Agar harapan penggunaan ADD dan DD secara maksimal bisa terwujud," ungkapnya. (ina.inilampung.com).