KPU Bandar Lampung Luncurkan "Gerbang Demokrasi"
Cari Berita

Breaking News

banner atas

KPU Bandar Lampung Luncurkan "Gerbang Demokrasi"

Reporter
Kamis, 16 Januari 2020

INILAMPUNG.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandar Lampung akan meluncurkan aplikasi sistem informasi pilkada 2020 yang diberi nama "Gerbang Demokrasi". 

Ketua KPU Kota Bandar Lampung, Dedy Triyadi mengatakan, aplikasi ini menjadi terobosan pelayanan kepemiluan yang dilakukan KPU. 

“Aplikasi ini nantinya dapat diunduh di playstore atau pada link http://bit.ly/GerbangDemokrasi ,” katanya, Kamis (16/1/2020).

Ia menjelaskan, Gerbang demokrasi adalah aplikasi yg berisi konten terkait informasi dan tahapan penyelenggaraan pilkada kota bandar lampung. 

“Kami ingin meningkatkan transparansi informasi dan kecepatan pelayanan publik melalui aplikasi ini,” imbuhnya.

Ketua Divisi Sosialisasi  Partisipasi masyarakat dan SDM, Hahami mengungkapkan, meski belum diluncurkan secara resmi, aplikasi ini sudah bisa digunakan pada tahapan rekruitmen penyelenggara adhoc di tingkat kecamatan dan kelurahan (PPK-PPS). 

"Semua pendaftar calon PPK harus mengisi formulir pendaftaran secara online dengan memakai aplikasi Gerbang Demokrasi. Untuk peluncuran resminya masih belum ditetapkan, tapi segera,” Katanya.

Selain untuk rekruitmen adhoc, aplikasi Gerbang Demokrasi akan terus dikembangkan hingga untuk kebutuhan penghitungan dan rekapitulasi hasil suara Pilkada. 

"Kami sedang mempersiapkan pelaksanaan rekap-El (Rekap online) dengan memakai aplikasi ini," ujar Fery Triatmojo, Divisi Teknis Penyelenggara.(zal/inilampung)