M Ilyas Dipinang Loekman Jadi Wakil, Pernah Didemo Dugaan Korupsi
Cari Berita

Breaking News

banner atas

M Ilyas Dipinang Loekman Jadi Wakil, Pernah Didemo Dugaan Korupsi

rizal ns
Jumat, 03 Januari 2020

INILAMPUNGCOM - Calon Bupati/wakil Bupati Lampung Tengah, Muhammad Ilyas Hayani Muda mempunyai catatan buruk. Ia pernah dilaporkan oleh Forum Warga Lampung Tengah (FWLT), atas dugaan  korupsi pengadaan sembilan titik lahan ketika dirinya menjabat sebagai Kepala Bagian (Kabag) Perlengkapan.

Sebelumnya nama Ilyas, digadang-gadang oleh Bupati Loekman Djoyosunarto untuk mendampinginya, sebagai calon wakil bupati Lampung Tengah, pada Pilkada 2020.

"Ada satu nama yang mendaftar terakhir di partai kita (PDIP) yaitu M Ilyas. Saya berharap dia dapat menjadi pendamping saya sebagai wabup," kata Loekman, saat Rapat Konsolidasi persiapan pilkada 2020 di kantor DPC PDIP Lamteng, Selasa (24/12/2019).

Sementara, Sumarsono Wakil Ketua DPC PDIP Lampung Tengah dan juga Ketua FWLT yang turut mendemo M Ilyas waktu itu, membenarkan keinginan Loekaman menggandeng Ilyas dalam pilkada 2020.

"Semua keputusan ada di DPP, semua nanti akan diputuskan oleh Ketua Umum," katanya, yang dimuat di suarapedia.com Senin (30/12).

Namun Ketua DPRD Lampung Tengah Soemarsono, menyayangkan nama Ilyas muncul sebagai cawabup mengingat secara psikologis masyarakat Lampung Tengah merupakan langkah kontraproduktif.

"Ya saya sendiri yang dulu melaporkan dia (Ilyas) karena menjadi terduga tipikor dan merupakan masyarakat Lampung Tengah puluhan miliar. Menurut saya, perjelas dulu statusnya dalam perkara tersebut, tuntaskan perkaranya yang saya laporkan ke Kejaksaan Negeri Gunungsugih hingga Kejaksaan Tinggi," tegasnya.(zal/inilampung)