Cari Berita

Breaking News

Pangandaran Gempa, Getarannya Sampai Tasikmalaya

INILAMPUNG
Sabtu, 11 Januari 2020

INILAMPUNG.COM - Gempa berkekuatan 4,5 Skala richter mengguncang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (11/1/2020) pukul 05.06 WIB. 

Pusat gempa pada 83 km barat daya Kabupaten Pangandaran dengan kedalaman 11 km. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Gempa magnitudo 4,5 terjadi di Kabupaten Pangandaran tersebut, getarannya terasa di Kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya. Namun, sampai sekarang ini belum adanya informasi dari petugas adanya laporan kerusakan rumah dan fasilitas lainnya. Kondisi gelombang laut tetap aman dan tidak menimbulkan tsunami, tetapi harus waspada juga," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena, Sabtu (11/1).

Meskipun belum ada laporan kerusakan, petugas tetap akan mengecek di lokasi-lokasi terdekat dengan bencana. Nana menambahkan gempa bumi yang terjadi merupakan gempa dangkal akibat aktivitas di intraslab Lempeng Eurasia.

"Gempa tersebut dirasakan di wilayah Pangandaran, Ciamis, Garut dan Tasikmalaya dengan Skala Intensitas II-III MMI, di Pangalengan dan Cilacap dengan Skala Intensitas I-II MMI," ujarnya.

Pasca gempa, masyarakat Pangandaran masih beraktivitas seperti biasa. Pihaknya meminta masyarakat tetap waspada dan tidak panik.(med/inilampung)

LIPSUS