PB HMI Ajak Masyarakat Cerdas dan Adil Maknai Banjir
Cari Berita

Breaking News

banner atas

PB HMI Ajak Masyarakat Cerdas dan Adil Maknai Banjir

rizal ns
Jumat, 03 Januari 2020

INILAMPUNGCOM - Banjir di DKI Jakarta dan kota sekitarnya (Bodetabek), merupakan peristiwa alam yang tidak seharusnya dijadikan opini liar yang secara ofensif menyerang kinerja dan bahkan pribadi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) mengajak masyarakat untuk cerdas dan adil dalam memaknai penyebab terjadinya banjir Jabodetabek dan tidak mendiskreditkan Anies.

"Bangsa ini harus terbiasa bertindak adil bahkan sejak dalam pikirannya," ujar Pj. Ketua Umum PB HMI Arya Kharisma Hardy di lokasi terdampak banjir Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan, Kamis (02/01/2019).

Arya mengatakan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis, bahwa banjir yang terjadi di hari pertama tahun 2020 itu diakibatkan oleh curah hujan ekstrem yang bahkan menjadi rekor curah hujan tertinggi di Jakarta dan sekitarnya dalam 24 tahun terakhir. Di kawasan Bandara Halim Perdanakusuma, intensitasnya bahkan mencapai angka 377 mm. Padahal, hujan dengan kategori lebat saja intensitasnya hanya di kisaran 100 mm.

"Anomali curah hujan yang melampaui daya antisipasi Pemda se-Jabodetabek harus dimaknai sebagai peristiwa berharga dan warning bagi kita semua. Begitupun pemerintah pusat, bahwa upaya penanggulangan banjir yang sistematis dan terintegrasi wajib dipertimbangkan bagi area sevital Ibukota negara dan kawasan satelit di sekitarnya," ujar Arya

Lebih lanjut Arya mengatakan, penataan kawasan area serapan air dengan membangun waduk di wilayah hulu dan normalisasi sungai serta pengelolaan sampah yang tertib akan membawa perubahan berarti bagi penanganan potensi banjir di Jakarta dan sekitarnya.

Ia juga menyampaikan dukungan dan penghargaan bagi semua pihak yang secara aktif terlibat dalam penanganan bencana banjir ini, khususnya kepada Gubernur DKI Jakarta yang dengan hati yang besar berusaha menerima kenyataan banjir ini dengan penuh tanggung jawab dan tidak sedikitpun menyalahkan pihak lain.

"PB HMI menyampaikan apresiasi kepada Pemda DKI yang telah rapid respons, penuh tanggung jawab secara kolektif dan gotong-royong berusaha menyelesaikan permasalahan pada titik-titik banjir dan tanpa lelah menangani para korban banjir secara humanis," kata Arya.(rmol/inilampung)