Cari Berita

Breaking News

Zulhas Penuhi Panggilan KPK Hari Ini

INILAMPUNG
Jumat, 14 Februari 2020

INILAMPUNG.COM - Mantan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan era SBY, Zulkifli Hasan memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (14/2/2020), Zulhas diperiksa sebagai saksi dalam pemeriksaan kasus suap terkait pengajuan revisi alih fungsi hutan di Provinsi Riau tahun 2014.

Ketua Umum PAN terpilih periode 2020-2025 tersebut tiba di gedung KPK sekitar pukul 10.05 WIB, tampak hadir petinggi PAN mendampinginya. Pria kelahiran Lampung itu tak memberikan komentar soal pemeriksaannya. 

Ia hanya melambaikan tangan kepada awak media dan langsung masuk ke lobi gedung KPK.

Sebelumnya pada panggilan pertama Kamis (6/1), Wakil Ketua MPR dan juga Ketua Umum DPP PAN tersebut belum memenuhi panggilan KPK. Saat itu, Zulhas beralasan ada acara yang tak bisa ditinggalkan.

"Alasannya tidak hadir karena beliau ada acara yang tidak bisa ditinggalkan," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK, Ali Fikri (6/2/2020).

Kemudian KPK menjadwalkan ulang untuk memeriksanya pada 14 Februari 2020. 

Diketahui, dalam kasus ini KPK pada 29 April 2019 telah mengumumkan tiga tersangka terdiri dari perorangan dan korporasi, yakni PT Palma, Legal Manager PT Duta Palma Group tahun 2014 SRT, dan pemilik PT Darmex Group/PT Duta Palma SUD.

Nama Zulhas sempat disebut dalam konstruksi perkara tiga tersangka tersebut. Pada 9 Agustus 2014 Zulkifli Hasan sebagai Menteri Kehutanan menyerahkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan tanggal 8 Agustus 2014 tentang Perubahan Peruntukan Kawasan Hutan Menjadi Bukan Kawasan kepada Gubernur Riau saat itu Annas Maamun.(zal/inilampung)

LIPSUS