Cari Berita

Breaking News

Bocoran Rekomendasi PKS: Mufti-Saleh, Rycko Menoza, Yusuf Kohar

INILAMPUNG
Senin, 23 Maret 2020

INILAMPUNG.COM - Ketua DPW Partai Keadilan sejahtera (PKS) Lampung Ahmad Mufti Salim berbicara terkait rekomendasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Lampung.

Mufti mengungkapkan bahwa saat ini sudah ada enam rekomendasi yang disetujui DPP PKS.

Tiga rekom, kata Mufti, sudah keluar dan telah sampai di Lampung. Sedangkan tiga rekom lainnya sudah disetujui DPP PKS, namun belum diterima di Lampung.

“Kalau di PKS (rekom) sudah ada. Yang sudah kami terima tiga rekom. Yang tiga lainnya sudah disetujui DPP tapi belum (diterima) di Lampung. (Total) enam sudah disetujui,” kata Mufti.

Meski demikian, Mufti masih enggan untuk membeberkan daerah mana saja yang sudah mendapat restu dari DPP PKS tersebut.

“Tapi belum untuk diumumkan. Target April ya. Karena kami Masih konsentrasi untuk mengatasi Covid-19 ini. Jadi sementara (waktu) nggak dihabiskan untuk pilkada,” Jelas Mufti.

Di Pilkada Metro, Mufti mengungkapkan bahwa kepastian dirinya bergandengan dengan Ketua DPD NasDem Metro Saleh Candra masih dalam progres. “Masih progres,” ujarnya.

Sedangkan terkait Pilkada Bandar Lampung, Mufti mengungkapkan bahwa saat ini nama Rycko Menoza dan Yusuf Kohar paling berpeluang mendapat rekom PKS. Hal itu setelah bakal calon lainnya, Eva Dwiana, mengumumkan nama Dedi Amirullah sebagai bakal calon pendampingnya.

“PKS kan berharap punya targetan kader maju. Kalau BU Eva sudah mengunci dengan Dedi Amirullah, peluangnya kecil, peluang kader (PKS) masuk,” kata Mufti.

“Fokus PKS (enam kursi di DPRD) ingin ada kader maju, minimal wakil. Karena Bu Eva mengumumkan wakilnya Dedi Amirullah, peluangnya tentu paling kecil. Sedangkan Bung Rycko sama Pak Yusuf masih membuka ruang kader,” lanjutnya.

Mufti juga lantas membeberkan bahwa Pilkada Metro dan Bandar Lampung menjadi prioritas PKS lantaran di dua daerah tersebut PKS memiliki pimpinan dewan.

“Target menangnya PKS di Bandar Lampung dan Metro. Bandar Lampung dan Metro kita punya pimpinan dewan. Menindaklanjuti pemilu yang lalu, Metro dan Bandar Lampung jadi prioritas,” jelas Mufti.

Mufti mengungkapkan bahwa ada beberapa kriteria yang dikedepankan PKS dalam menentukan rekom, yaitu target ada kader yang maju, potensi menang, dan hubungan yang harmonis.

“Kriteria potensi menang itu juga didalamnya banyak ya, ada analisa kualititatif. Seperti bersama-sama membangun. Sekarang kan sering ada kepala daerah yang tidak klop, nggak harmonis. Nah, sebab itu harus ada komitmen. Nggak setinggal kalau bahasa kita,” ujarnya.(adi/rls/inilampung)

LIPSUS