Petugas Periksa Warga yang Masuk Pringsewu
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Petugas Periksa Warga yang Masuk Pringsewu

Reporter
Selasa, 24 Maret 2020

Pemeriksaan kesehatan penumpang angkutan umum di Germinal Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu. Foto. Tyo/ inilampung

INILAMPUNG.COM - Penumpang angkutan umum yang masuk Kabupaten Pringsewu, diperiksa kesehatannya. Terutama penumpang dari luar daerah.

Pemeriksaan yang dilakukan aparat kepolisian bersama Tim Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pringsewu di Terminal Gadingrejo, Selasa (24-3-2020).

Kabag Operasi Polres Pringsewu AKP Langgeng Toto Santoso mengatakan, pemeriksaan kesehatan itu merupakan langkap pemerintah mengantisipasi penyebaran wabah virus Corona.

Seluruh penumpang kendaraan umum di Terminal Gadingrejo, diperiksa. Terutama penumpang yang baru datang ke Pringsewu dari luar wilayah Lampung.

"Penumpang yang diketahaui suhu tubuhnya di atas 38 derajat Celcius, apalagi menderita batuk, pilek, demam, sakit tenggorokan dan sesak nafas, akan dilakukan pendataan dan pemeriksaan lebih lanjut oleh Dinas Kesehatan," jelasnya.

Kegiatan ini untuk memantau orang yang masuk ke Kabupaten Pringsewu dan membawa potensi virus Corona. Pemeriksaan juga dilakukan terhadap pengemudi.

Kegiatan lain untuk mencegah penyebaran virus Corona, kata dia, petugas juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan terhadap kendaraan umum.

Setelah dilakukan pemeriksaan suhu badan dan penyemprotan cairan disinfektan, tim juga mengimbau warga yang baru masuk ke wilayah Pringsewu tidak banyak berinteraksi terlebih dahulu dengan saudara atau warga sekitar dan tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang.

Turut dalam pemeriksaan tersebut, Kasat Intel Iptu Darwin,  Kasat Sabhara Iptu Nurul Haq, Kadis Ķesehatan Purhadi, Kabid Pencegahan Penyakit Menular dr. Nofli, Kadis Perhubungan Kabupaten Pringsewu M Khotim, Kepala BPBD Edi Sumber Pamungkas, Camat Gadingrejo Yuli Sapto, Kapolsek Gadingrejo AKP Anton Saputra dan Danramil Pringsewu Kapten Arh. Maman. (tyo/inilampung.com).