Pilkada Serentak di Lampung, Bakal Diikuti Empat Pasangan Independen
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Pilkada Serentak di Lampung, Bakal Diikuti Empat Pasangan Independen

Reporter
Kamis, 26 Maret 2020

INILAMPUNG.COM - Empat pasangan calon perseorangan akan meramaikan kontestasi pilkada serentak tahun 2020 di Provinsi Lampung.

Keempat calon perseorangan itu di tiga kabupaten/kota dari delapan daerah yang menyelenggarakan pilkada serentak pada 23 September 2020 mendatang.

Komisioner KPU Provinsi Lampung Divisi Partisipasi Masyarakat (parmas), Antoniyus mengatakan, daerah yang terdapat calon perseorangan adalah Kota Bandarlampung, Kota Metro dan Lampung Timur.

"Setelah batas akhir penyerahan berkas dukungan pada Ahad, 23 Februari lalu, ada empat pasangan calon perseorangan di tiga daerah," kata Antoniyus, Rabu (25/3/2020).

Pasangan calon perseorangan
Di Kota Bandarlampung ada dua calon perseorangan, yakni Ike Edwin - Zam Zanariyah dan Firmansyah - Bustomi.

Kemudian di Kota Metro yaitu, Wahdi - Qomaru Zaman. Serta di Lampung Timur yaitu, Sugiyanto - Masrizal.

Diketahui Syarat dukungan pasangan perseorangan Kota Bandarlampung dan Lampung Timur 7,5%, Sedangkan Kota Metro 10% dari DPT pemilu terakhir.

"Dimana dalam Pemilu terakhir lalu, sebanyak 638.174 dengan persebaran dukungan minimal di 11 kecamatan dari 20 kecamatan," ujar Ferry Triatmojo komisioner KPU Bandarlampung kepada inilampung.com.

Untuk Lampung Timur jumlah dukungan minimal sebanyak 59.262 dan Kota Metro sebanyak 11.342 berkas, dengan persebaran minimal 50% dari jumlah Kecamatan.

Berkas dukungan diserahkan

Bandarlampung
Firmansyah - Bustomi ditemukan 2.523 dukungan yang tidak memenuhi syarat (TMS) dari 55.555 dukungan yang diserahkan. Ike Edwin - Zam Zanariah ditemukan 2.863 dukungan yang tidak memenuhi syarat dari 51.274 dukungan yang diserahkan.

Metro
Wahdi - Qomaru Zaman, ditemukan 240 data dukungan yang tidak memenuhi syarat, dari 12.767 dukungan yang tersebar lima kecamatan.

Lampung Timur
Sugiyanto - Masrizal, ditemukan 3.327 data dukungan yang tidak memenuhi syarat, dari 77.103.

Pilkada serentak tahun ini di Lampung akan digelar di delapan kabupaten, yakni di Kota Bandarlampung, Kota Metro, Lampung Timur, Pesawaran, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Way Kanan dan Pesisir Barat.(zal/inilampung)