Cari Berita

Breaking News

Sepakat! Provinsi Lampung Tidak Lockdown

INILAMPUNG
Senin, 30 Maret 2020

INILAMPUNG.COM - Pemerintahan Provinsi (Pemprov) dan DPRD Lampung sepakat bahwa tidak ada kebijakan untuk lockdown dalam mengatasi pandemi virus Corona atau Covid-19. Hal ini terungkap dalam hearing antara Dishub dengan Komisi IV, Senin (30/3/2020).

Anggota Komisi IV, Budi Yuhanda mengatakan hasil hearing bahwa Lampung dalam situasi keadaan aman dan kondusif.

“Semua kegiatan berjalan apa adanya namun tetap melakukan pencegahan dengan tetap berdiam dirumah. Tidak ada lockdown ataupun karantina wilayah,” kata Budi yang juga politisi Nasdem.

Menurutnya, Pemerintah akan melakukan upaya preventif dengan memperketat penjagaan di pelabuhan Bakauheni serta pelabuhan lain dan juga Bandara Raden Intan II.

“Dengan menyiapkan alat bok sterilisasi, bahkan disiapkan carwash untuk mobil juga disemprot disinfektan, disiapkan ruang isolasi, serta peralatan yang lainnya seperti thermogun, hand sanitizer dan pembagian masker kepada setiap penumpang yang tidak sehat,” terangnya.

Kemudian dilakukan pendataan yang terintegrasi setiap orang yang datang dari luar Lampung, sampai kepada dimana tujuan dia berada akan terdata dan diawasi sampai tujuan.

Sementara, Pemprov akan menganggarkan dana sebanyak Rp135 M, Rp 25 M dari APBD Prov, sisa dari DAK.

“Dana ini belum digunakan baru akan dibelanjakan mungkin dalam waktu dekat akan diekspose semua kegiatan yang menggunakan anggaran tersebut,” ujar dia.

Gubernur bersama DPRD sudah menyusun program yang bermanfaat dan sifatnya penting dilakukan, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid19.

“Kami DPRD akan memastikan tidak akan ada pemborosan kegiatan yang tidak penting,” tutupnya.(rmol/inilampung)

LIPSUS