Cari Berita

Breaking News

Nyambung Aceh-Lampung, Jokowi Kebut Pembangunan Tol

INILAMPUNG
Rabu, 26 Agustus 2020

INILAMPUNG.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek ruas tol Sigli - Banda Aceh seksi 4 , yaitu ruas Indra Puri - Blangbintang sepanjang 14 kilometer. Ini merupakan tol pertama di Provinsi Aceh. Totalnya ada 296.000 lapangan kerja secara langsung atau hampir 1/3 juta pekerja untuk 18 ruas dari Aceh sampai Lampung.

"Dengan mengucap Bismillah, jalan tol ruas Sigli Blang Bintang Seksi 4 Indra Puri Blang Bintang hari ini diresmikan," kata Jokowi melalui video conference yang disiarkan langsung Sekretariat Presiden, Selasa (25/8/2020).

Jokowi lantas menjelaskan alasannya terus mengebut pembangunan infrastruktur kendati saat ini masih dihadapkan dengan virus corona (Covid-19). Apalagi, saat ini, pembangunan infrastruktur domestik masih tertinggal.

"Kenapa ini kita jalankan? Karena alasan ini dan kita tahu untuk menyambungkan Aceh sampai ke Lampung yang punya memiliki 2.765 km, kita harapkan mendorong pertumbuhan, mendorong pemerataan ekonomi," jelasnya.

Berdasarkan data yang diterima kepala negara, keberadaan tol tersebut bisa meningkatkan efisiensi waktu tempuh hingga 53 jam sepanjang koridor pembangunan dan meningkatkan multiplier effect dua hingga tiga kali lipat.

"Ini luar biasa. Kalau ini selesai Insya Allah 2024. Dan juga dihitung ini menyerap tenaga kerja 296.000 lapangan kerja secara langsung untuk 18 ruas yang ada dan saat ini menyerap tenaga kerja 24.700 tenaga kerja," jelasnya.

Jokowi lantas mengapresiasi peran para pemangku kepentingan terkait yang berhasil menyelesaikan ruas tol ini. Menurutnya, pembebasan lahan di Aceh lebih cepat dibandingkan yang lain.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih ke bapak gubernur, bupati seluruh masyarakat di Aceh bahwa pembebasan lahan di Provinsi Aceh ini paling cepat, sepanjang yang saya tahu paling cepat," jelasnya.(cnb/inilampung)

LIPSUS