Gelar Sosper, Mardiana: Pentingnya Sinergitas dalam Mengawal Pembangunan
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Gelar Sosper, Mardiana: Pentingnya Sinergitas dalam Mengawal Pembangunan

INILAMPUNG
Sabtu, 19 September 2020

INILAMPUNG.COM, Lampung Utara-Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Lampung, Mardiana, gelar Sosialisasi Perda Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pedoman Rembuk Desa dan Keluarga dalam Pencegahan Konflik di Provinsi Lampung. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Sinarmulya, Kecamatan Tanjungraja, Lampung Utara pada, Sabtu (19/9/2020).

Dalam kesempatan itu, anggota DPRD Lampung dari Fraksi Partai Nasdem ini menyampaikan dalam Perda tersebut, betapa pentingnya untuk menjaga kerukunan hidup bermasyarakat.

"Potensi konflik horisontal yang bisa saja terjadi di masyarakat harus diantisipasi dengan melakukan deteksi dini atau dengan kata lain pencegahan dari aparatur pemerintahan desa selaku pamong warga," terang Mardiana, yang terpilih melalui Daerah Pemilihan (Dapil) V Lampung, meliputi Kabupaten Lampung Utara-Waykanan.

Selain itu, Mardiana juga menyampaikan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dari waki rakyat yang duduk di gedung legislatif. Yaitu menyusun regulasi, melaksanakan perancanaan anggaran dan juga fungsi pengawasan.

"Dengan adanya fungsi menyusun regulasi dan perencanaan anggaran, tentu mendasari adanya perjuangan agar pemerintah dapat merealisasikan percepatan program aspiratif," terangnya.

Mardiana juga menambahkan, bahwa adanya DRR RI dari Lampung, Tamanuri juga membawa dampak positif bagi Mardiana yang berada di DPRD Provinsi.

" Bapak Tamanuri di Komisi V yang membidangi Pembangunan, bersinergi dengan kami yang duduk di Komisi IV DPRD Lampung," lanjut Mardiana.

Mardiana juga menegaskan jika selama ini muncul beragam spekulasi yang terkesan pihaknya mengklaim program itu dengan berbagai opini dan stigma negatif, hal itu merupakan suatu asumsi yang tidak berdasar. 

"Sudah menjadi tugas seluruh legislator yang ada untuk juga menyambungkan aspirasi masyarakat. Tidak sedikitpun kami mengklaim jika program aspirasi ini milik kami. Tapi, ini merupakan kewajiban kami untuk mendorong pemerintah melakukan percepatan realisasinya," tegas Mardiana. 

Dalam hal telah direalisasikannya beberapa program aspirasi, dirinya mengingatkan agar hasil akhir berupa mutu dan/atau kualitas pekerjaan menjadi prioritas utama.

"Untuk program aspirasi yang telah direalisasikan di Kabupaten Lampung Utara, hasil akhirnya harus prima dan semaksimal mungkin. Karena masyarakatlah selaku penerima manfaat sekaligus pelaksana pembangunan," imbuh Mardiana.

Pada kegiatan tersebut, audiens yang hadir tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker pelindung pernafasan, menjaga jarak aman, serta mencuci tangan di tempat yang disediakan perangkat Desa Sinarmulya.(rls/inilampung)

LIPSUS