-->
Cari Berita

adsense google

Breaking News

Pemkab Pesisir Barat Gelar FGD Penyusunan Publikasi Dalam Angka

INILAMPUNG
Jumat, 29 Januari 2021

FGD Penyusunan Publikasi Pesisir Barat Dalam Angka Tahun 2021.


INILAMPUNG, Pesisir Barat -  Pemkab Pesisir Barat (Pesibar) menggelar FGD (focus group discussion) Penyusunan Publikasi Peisbar Dalam Angka Tahun 2021.


Kegiatan yang berlangsung secara virtual itu dibuka Assisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Pemkab Pesibar, Audi Marpi, mewakili Bupati Agus Istiqlal, Kamis (28-1-2021).


Dikatakan, berdasarkan Undang-undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan Peraturan Presiden Nomor  39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia yang merupakan kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan.


"Selain itu, data tersebut mudah diakses dan dibagipakaikan antarinstansi pusat dan instansi daerah," kata Audi. Terlebih pada masa pandemi saat ini. Kebijakan dan strategi yang dibuat pemerintah daerah harus tepat dengan segala keterbatasan. Sehingga membutuhkan data yang akurat, baik primer maupun sekunder.


Menurut Audi, data tersebut akan menjadi rujukan dalam perencanaan dan evaluasi. Terlebih lagi, pada tahun ini rilis publikasi Pesisir Barat Dalam Angka 2021 akan dipercepat, yaitu menjadi pertengahan Februari, demi memenuhi kebutuhan daerah mengenai rujukan data yang akan digunakan pada musrenbang. 


Oleh karena itu, pelaksanaan FGD membutuhkan keterlibatan pemkab. Karena BPS Lampung Barat merupakan lembaga independen yang bertugas membina kegiatan statistik di daerah. Salah satunya, pembuatan Publikasi Pesisir Barat Dalam Angka.


Data publikasi itu berisi antara lain data-data primer yang hasil survei atau sensus yang dilaksanakan BPS dan data sekunder yang bersumber dari dinas/instansi di daerah. 


"Saya tekan kan lagi, Publikasi Pesisir Barat Dalam Angka bukan hanya milik BPS melainkan milik kita semua. Oleh karena itu, saya menginstruksikan kepada seluruh kepala OPD untuk membantu BPS," katanya.


Sementara Kepala BPS Lampung Barat Amiruddin, mengatakan penghimpunan data pembangunan Pesibar dipercepat. Pengumpulan data dikoordinatori Bappeda. Penyebaran dan publikasi data melalui Dinas Kominfo Pesibar.


Hadir pada kesempatan itu, Kepala Bappeda Pesibar, Zukri Amin, dan para kepala dinas/instansi setempat. (eva/inilampung.com).


LIPSUS