-->
Cari Berita

adsense google

Breaking News

Tingkatkan Pariwisata, Pesibar Dorong Pengembangan UMKM

INILAMPUNG
Selasa, 05 Januari 2021

Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal pada pembukaan webinar UMKM. 


INILAMPUNG, Pesisir Barat -  Peningkatan perekonomian dan pariwisata di Pesisir Barat (Pesibar) akan dilakukan dengan mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).


"Untuk meningkatkan perekonomian rakyat dan pariwisata, sentra-sentra UMKM perlu terus dikembangkan," kata Bupati Pesibar, Agus Istiqlal saat membuka Webinar Pelatihan Kewirausahaan UMKM Mandiri di GSG Selalaw, Selasa 5 Januari 2021.


UMKM memiliki potensi besar dalam meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Karena itu, Agus mendukung webinar pelatihan kewirausahaan UMKM Mandiri yang diharapkan dapat memacu perkembangan usaha rakyat di Pesibar.



Menurut Bupati, semangat berkarya dan berkreasi perlu difasilitasi, diberikan kemudahan dengan memberikan kesempatan meningkatkan kemampuan para pelaku usaha. Sehingga usahnya dapat berkembang dan dikenal luas hingga pasar luar negeri.


"Pelaku UMKM tidak cukup hanya menghasilkan suatu produk. Tetapi perlu mengembangkan dan menunjukkan usahanya agar menarik pembeli," ungkapnya. 


Perkembanagan usaha rakyat, tidak terlepas dari peran Dinas Koperasi  UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Indag) yang berkerjsama dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret). 

"Tentu upaya kita tidak berhenti pada pelatihan. Tetapi dilanjutkan dengan upaya lain yang dilaksanakan secara berkesinambungan dengan melibatkan jajaran pemerintah yang berkaitan dengan pengembangan potensi UMKM," imbuhnya.


Pengusaha UMKM harus menjaga usahanya dengan sungguh-sungguh.  Sebagai pedagang kreatif tentu pekerjaan yang dilaksanakan tidak akan menjadi beban bagi para pelaku usaha, bahkan memberi pengaruh kepada UMKM lainnya. "Dengan kesungguhan dan keterampilan yang masyarakat miliki melalui UMKM ini, akan memberikan kontribusi yang besar bagi Pesibar," tegasnya.


"Pemkab Pesibar akan terus berupaya menjadikan Pesibar sebagai destinasi wisata yang diperhitungkan, salah satunya dengan mengembangkan UMKM di Pesibar," katanya. (eva/inilampung.com).

LIPSUS