Hati-Hati! Jangan Sampai Gara-Gara Jempol Dilaporkan ke Polisi
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Hati-Hati! Jangan Sampai Gara-Gara Jempol Dilaporkan ke Polisi

Reporter
Rabu, 11 Desember 2019

Seminar Internet Sehat di Bandarlampung. Foto.Furqon

INILAMPUNG.com - Komisi I DPR RI bekerja sama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyosialisasikan peran penting internet bagi masyarakat.

Sosialisasi yang berlangsung di Bandarlampung, Rabu, 11 Desember 2019, dikemas dalam Seminar Internet Positif dengan tema: Upaya Pemanfaatan Internet dengan Cerdas, Kreatif, dan Produktif.

Tampil sebagai narasumber, Kepala Devisi Layanan Teknologi Informasi untuk Masyarakat BAKTI-Kominfo, Ari Soegeng Wahyuniarti dan anggota DPRD Provinsi Lampung Lesty Putri Utami.

Seminar yang dibuka Anggota Komisi I DPR RI Mukhlis Basri, itu dimoderatori wartawan Juwendra Asdiansyah. Diikuti sekitar 200 peserta terdiri dari para pelajar SMA dari Lampung Selatan dan sejumlah mahasiswa.

BACA JUGA: Mukhlis Motivasi Pelajar: Anak Petani Harus Optimistis Raih Masa Depan

Pessatnya perkembangan internet yang kini sudah menjangkau pelosok pedesaan Indonesia, serta manfaat positif dan dampak negatif internet bagi masyarakat, menjadi bahasan utama dalam seminar.

Misalnya, tentang sejumlah masyarakat yang meraih sukses secara ekonomi dengan memanfaatkan internet. Misalnya, toko online Tokopedia, Bukalapak yang dikelola secara aprofesional dan beromzet miliar rupiah.

Selain itu, Ari Soegeng juga mencontohkan seorang ibu rumah tangga yang memperoleh penghasilan dari internet dengan dimulai dengan mengunggah tata cara menangani bayi.

Karena itu, Ari mengajak masyarakat memanfaatkan internet untuk memperoleh pengetahuan dan memperoleh manfaat secara ekonomi. "Apakah mau jadi konsumen terus. Padahal kan sama-sama menghabiskan uang untuk membeli paket data," katanya.

Menurut Ari, seharusnya masyarakat bisa memperoleh penghasilan dari internet. "Itu ibu rumah tangga saja bisa, apalagi anak-anak muda yang lebih kreatif," katanya.

Ajakan memanfaatkan internet secara cerdas juga disampaikan Lesty Putri. Politisi PDI Perjuangan ini mengaku memanfaatkan internet untuk bersosialisasi dengan masyarakat

Bahkan, Lesty mendorong masyarakat termasuk yang di pedesaan agar memulai memanfaatkan internet dengan baik, termasuk untuk memperoleh manfaat secara ekonomi.

Namun, kedua narasumber juga mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam berinternet, terutama terkait dengan media sosial.

Ari meminta masyarakat unuk mencermati apa pun yang akan diunggah di media sosial. Sebelum mengunggah atau menshare informasi agar lebih dulu dipikirkan manfaat serta dampak positif atau negatifnya.

"Jangan sampai gara-gara jempol dilaporkan ke polisi," pesan Ari Soegeng seraya menyebutkan, cukup banyak contoh masyarakat berurusan dengan hukum karena tidak bijak menggunakan internet atau media sosial. (mfn/inilampung.com).