3000 Wanita Minum Kopi Massal
Cari Berita

Breaking News

banner atas

3000 Wanita Minum Kopi Massal

Jumat, 08 November 2019


INILAMPUNG.COM — Pemerintah Provinsi Lampung kembali gelar Festival Kopi Lampung yang ke-3 kalinya. Kali ini, acaranya terpusat di Elephant Park Bandar Lampung, selama 6-9 November 2019.

Agendanya cukup banyak. Asisten II Bidang Ekonomi Pemda Lampung Taufik Hidayat menjelaskan, bahwa selama ini urusan kopi sebenarnya selalu di dominasi oleh kaum perempuan.

“Urusan kopi itu didominasi oleh kaum perempuan, mulai dari memetik, memilah, memasak, mengolah sampai menyajikan, itu kebanyakan dikerjakan oleh kaum perempuan, namun ketika sudah dimeja kopi malah banyak diseruput oleh kaum laki-laki ” jelas Taufik.


Hari pertama sudah ada kompetisi uji citarasa, kopi dari para petani dari wilayah tertentu akan mengantarkan sample kopi unggulanya, kemudian akan diuji oleh pakar master kopi bersertifikat internasional.

Festival Kopi Lampung ini adalah event untuk menaikkan nilai citra kopi robusta Lampung di kalangan masyarakat dan mengenalkan kopi robusta hasil dari produk kabupaten di Lampung.


Pameran dan promosi produk kopi unggulan, pameran produk unggulan Lampung, Seminar Kopi, kejuaraan nasional kopi (brewwing coffe battle contest, robusta coffee cupping, late art), dan Lampung Coffee Gallery, yang akan diisi oleh lima kabupaten penghasil kopi Lampung yaitu Lampung Barat, Tanggamus, Pesisir Barat, Way Kanan, dan Lampung Utara.

Ada juga acara temu bisnis, membahas bagaimana membangun tata niaga sinergi perdagangan dan membangun kemampuan produktivitas kopi Lampung. “Rangkaian seminar tersebut untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan memproduksi kopi yang bermutu tinggi ” lanjutnya.

Taufik mengapresiasi dan mengajak kaum perempuan untuk bisa menikmati kopi robusta Lampung bersama, yang dituangkan dalam bentuk pemecahan rekor MURI dengan target perempuan minum kopi bersama terbanyak di Indonesia yakni dengan tema “Fine Robusta Bersama 3000 Wanita.

“Di akhir acara direncanakan akan ada pemecahan rekor MURI wanita minum kopi bersama dengan target 3000 wanita,” katanya. (*)