Cari Berita

Breaking News

Raja Property Ciputra telah Mangkat

INILAMPUNG
Rabu, 27 November 2019

Ciputra (dok. Tribun.)
RAJA Property, Ciputra meninggal dunia di Gleneagles Hospital Singapore pada, Rabu (27/11/2019),  pukul 01.05 waktu Singapura.

Publik mendapat kabar,---bahwa pemilik perumahan elit Citra Land di Lampung -- telah pergi selamanya, salah satunya Rika Lestari, Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol.

"Telah meninggal dunia dengan tenang, Bapak Ir Ciputra, Chairman dan Founder Ciputra Group di Singapore pada tgl 27 November 2019 pk 01.05 waktu Singapore," tulis Rika Lestari, Rabu (27/11/2019).

Rencananya, jasat Ciputra disemayamkan di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan. Pihak keluarga mengabarkan, jenazah akan tiba paling cepat di Jakarta pada Rabu malam (27/11/2019). Jasatnya akan dikubur di pemakaman keluarga di Jonggol, Bogor.


Gurita Bisnisnya
Ciputra merupakan pengusaha kawasan yang bisnisnya sudah sangat menggurita. Selain properti, bisnis pria kelahiran Sulawesi pada 24 Agustus 1931 ini merambah ke sektor kesehatan, media, telekomunikasi dan keuangan.

Majalah Forbes pernah menuliskan, Ciputra sebagai orang terkaya dunia nomor 1.941. Sedangkan di Indonesia, ia menduduki peringkat ke-27 orang terkaya.

Saat ini, harta kekayaannya mencapai USD 1,3 miliar atau kurang lebih Rp 18,32 triliun dengan estimasi kurs 14.095 per dolar AS.

‬Pengembangan Ciputra merupakan salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia dengan proyek yang tersebar di 33 kota.

Kekayaan Ciputra bukan didapat mudah. Dalam sebuah bukunya, ia mengaku memulai bisnisnya dengan membuka jasa konsultan properti di garasi rumah.

Saat ini, bisnis properti Ciputra sudah mendunia. Selain mempunyai proyek properti di 33 kota di Indonesia, termasuk di Lampung.

Melalui kemitraan, Ciputra Group telah berkembang dengan pesat di Vietnam (Ciputra Hanoi International City), Kamboja (Grand Phnom Penh International City), India dan China (Grand Shenyang International City).

Di sektor kesehatan, Grup Ciputra berkembang besar. Perusahaan mengembangkan jaringan rumah sakit di berbagak daerah.

Saat ini, jaringan rumah sakit yang telah didirikan adalah Ciputra Hospital CitraGarden City, Ciputra Hospital Tanggerang, Ciputra Medical Center, Ciputra SMG Eye Clinic (CSEC), dan CDerma – Dermatology and Aesthetic Center.

Ciputra juga mengembangkan bisnis di sektor media dan telekomunikasi. Perusahaan media yang ada di bawah naungan Ciputra antara lain Bintang, Aura, Home, dan Teen. Sedangkan jaringan telekomunikasi berada di bawah Ciptakom yang fokus di jaringan optik.

Di sektor keuangan, Ciputra juga memiliki perusahaan asuransi, yaitu Ciputra Life. Perusahaan ini anak perusahaan dari PT Ciputra International dan PT Tunas Andalan Pratama, yang memperoleh izin usaha asuransi jiwa dari OJK pada 16 Desember 2016 dan mulai memberikan perlindungan asuransi kepada pelanggan pada 1 Februari 2017. (berbagai sumber)

LIPSUS