Musim Hujan Tiba, Banjir Jadi Tamu
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Musim Hujan Tiba, Banjir Jadi Tamu

INILAMPUNG
Minggu, 08 Desember 2019

INILAMPUNGCOM - Musim hujan tiba, Sungai Way Bayi Pekon Karangrejo Tanggamus meluap.

Pada minggu (8/12) Jalanan, sawah dan permukiman terendam banjir. Hal ini disebabkan sungai mengalami penyempitan dan pendangkalan.

"Setiap kali turun hujan lebat, Pekon Kaca Pura khususnya di Rt 06 dan Rt 07 terendam banjir," Kata Ketua RT 06, Ropik.

Ropik menjelaskan, meluapnya air hujan kejalan, sawah dan permukiman warga, di karenakan sungai Way Bayi yang mengalami penyempitan dan pendangkalan. Sehinga tidak mampu menampung kiriman air dari sungai Way Kerap.

"Kami sangat hawatir sekali, apabila tumpukan sampah yang tersumbat di bawah jembatan semakin mengunung akan menjebol tangul sunga yang ada di dusun 3 ini. Kami sangat berharap pihak terkait segera mengatasi masalah ini," kata Ropik.

Disamping adanya sedimentasi,  tumpukan sampah yang terbawa banjir menumpuk di bawah jembatan penghubung dua pekon. Hal ini memperparah luapan air sungai way bayi.

"Kami sudah sering mengajukan permohonan Normalisasi Sungai ke Pemda Tanggamus. Sampai sekarang belum ada tanda-tanda untuk dilakukan normalisasi sungai," ucap Ropik.

Bahkan selama ini hanya dilakukan survei-survei lokasi saja, katanya menjelaskan.

Sementara warga RT 07,  Seno, mengharapkan pemerintah kabupaten Tanggamus, untuk segera mengambil tindakan cepat, untuk menangulangi banjir yang seakan menjadi langanan tiap kali turun hujan lebat. Khususnya di dua RT itu.

"Banjir yang terjadi di dusun 3 Pekon Kaca Pura ini, sangat berdampak buruk bagi warga setempat, mulai dari kesehatan, ekonomi dan terhambatnya anak-anak menuju kesekolah," keluhnya.(Zairi/zal/inilampung)

LIPSUS