Cari Berita

Breaking News

Penyadap Karet PTPN VII Unit Bergen Mengikuti Tapping School

INILAMPUNG
Jumat, 06 Desember 2019

Tapping school untuk penyadap karet. Foto. Ist.

INILAMPUNG.com - Puluhan karyawan penyadap karet wilayah perkebunan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII Unit Bergen, Lampung Selatan, mengikuti tapping school. 

Tepat pukul 10.00 WIB, para penyadap karet itu berkumpul di Stasiun Tangki Lateks (STL) yang berada di Kalianda, Lampung Selatan, Kamis (5-12-2019).

Asisten SDM & Umum PTPN VII Ferdi mengatakan, tapping school merupakan agenda rutin bulanan yang diadakan mulai dari Afdeling I- IV Unit Bergen.

"Bapak-bapak saya kumpulkan di sini untuk mengrefres kemampuan teknis penyadapan, terkadang dengan rutinitas membut kita lupa teknis penyadapan yang baik sesuai dengan standar yang benar," kata Manajer PTPN VII Unit Bergen Nurwibowo.

Menurutnya, ada dua hal penting pada tapping school ini, pertama peningkatan produksi dan mempertahankan secara konsisten, dan  berkesinambungan produksi sesuai dengan umur  ekonomi pohon.

Umur ekonomis tanaman karet yang singkat disebabkan kesalahan pada penyadapan. Ini bukan hanya merugikan perusahaan, namun bisa merusak keberlangsungan perusahaan dan berdampak terhadap karyawan.

Ia meminta kepada semua pekerja, agar dapat memperhatikan benar apa yang diterangkan oleh Asisten Tanaman. Seperti tehnik penyadapan harus sesuai dengan SOP.

Nurwibowo menjelaskan, penyadapan yang baik pada pukul 5-8 pagi, semakin pagi maka semakin baik karena getah yang akan keluar semakin banyak.

Untuk kedalaman sadap juga harus diperhatikan. Kedalaman penyadapan yang benar adalah 1-1,5 mm dari kambium agar tidak merusak kulit dan terkenakambium.

Sementara, Asisen Tanaman Afdeling III Unit Bergen Tankasen Pinem menambahkan keterangan untuk kemiringan bidang sadap dengan pola alur sadap 30 derajat untuk tanaman muda dan 45 derajat tanaman berumur 15 tahun ke atas.

Kemiringan bidang sadap ini tegak lurus dengan posisi pembuluh lateks yang condong ke kanan membentuk sudut 3,7 derajat dari tegakan tanaman.

Kegiatan yang dihadiri ditutup dengan praktek menyadap yang dicontoh Tankasen Pinem kemudian diikuti para peserta tapping school. (rls).

LIPSUS