Cari Berita

Breaking News

Selamat Tinggal Indoxxi

INILAMPUNG
Selasa, 24 Desember 2019

INILAMPUNGCOM - Salah satu situs menonton film tak resmi, Indoxxi pengumumkan akan tutup situsnya mulai 1 Januari 2020.

Melalui lamannya, pengelola menayangkan pengumuman menghentikan penayangan film di website tersebut.

"Sangat berat, tapi, harus dilakukan, terima kasih kepada seluruh penonton setia kami, terhitung sejak 1 Januari 2020 kami akan menghentikan penayangan film di website ini," demikian cuplikan dihalaman Indoxxi.

Selama ini indoxxi sangat akrab dikalangan pencita film, selain up to date, daftar filmnya pun lengkap. Pihaknya selalu berpindah-pindah domain. 

Direktur Jenderal Aplikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan di Jakarta, Senin (23/12) sempat menyebut pengelola situs tersebut "kucing-kucingan" alias berganti alamat agar tidak ketahuan regulator.

Indoxxi juga menyebutkan alasan penutupan situs tersebut. "Demi mendukung dan memajukan industri kreatif Tanah Air". 

Untuk saat ini situs tersebut masih dapat diakses dengan kata kunci "indoxxi.com", pengguna akan secara otomatis dialihkan ke situs tersebut.

Adanya info akan ditutupnya situs itu oleh pengelola, sontak Tanda pagar #indoxxi pagi ini di urutan teratas platform media sosial daring Twitter di Indonesia.

Kominfo juga akan bekerja sama dengan Direktorat Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, penegak hukum dan asosiasi industri kreatif untuk mengatasi peredaran karya secara ilegal, termasuk diantaranya situs streaming film dan musik.

"Di era digital, kekayaan (hak cipta) yang harus dilindungi. Kalau nggak nanti orang malas berkreasi," kata Semuel, seperti dimuat di antaranews ,(23/12).

Saat ini Kominfo baru akan menerapkan pemblokiran untuk situs streaming film ilegal, namun, mereka juga akan mencari cara lainnya untuk memberikan efek jera di masa mendatang.

Pihaknya meminta masyarakat yang ingin menonton film atau mendengar musik untuk mengakses layanan streaming yang legal.(zal/inilampung)

LIPSUS