Cari Berita

Breaking News

Bawaslu Bandarlampung Diminta Buktikan Seleksi Panwascam Objektif

Kamis, 02 Januari 2020

INILAMPUNGCOM - Badan Pengawas Pemilu Bandarlampung, diminta mempublikasikan nilai hasil seleksi Panwascam, hal ini diminta oleh Lampung Memantau untuk membuktikan bahwa seleksi telah berjalan objektif.

Hal ini disampaikan oleh ketua Lampung Memantau, Yan Barusal. Bahwa ada indikasi nepotisme saat rekrutmen Panwascam di Sukarame.
Menurutnya, di daerah tersebut, terdapat nama Zulkifli yang merupakan adik kandung dari Komisioner Bawaslu Lampung Adek Asy'ari.

"Itu jelas dilarang secara aturan tertera dalam Perbawaslu Nomor 0883/K.BAWASLU/KP.01.00/XI/2019," kata dia dalam konferensi pers di Kopi Aceh, Way Halim, Kamis (2/1/2020)

Dengan ini maka pihaknya akan melaporkan dugaan pelanggaran tersebut kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Hal itu agar dapat ditindaklanjuti secara serius dari Bawaslu Bandar Lampung.

"Kita sedang susun laporan dan dalam waktu dekat kita akan laporkan hal ini ke DKPP," ujar Yan.

Selanjutnya, hal itu dilakukan untuk menjaga marwah Bawaslu yang merupakan salah satu corong demokrasi. "Oleh karena ini tidak boleh ada kecurangan di lembaga ini," tambahnya.

"Lampung Memantau memiliki bukti kuat terkait dugaan nepotisme ini, jika tak respon dari Bawaslu Lampung kita akan gelar aksi demonstrasi," terangnya.(rls/inilampung)

LIPSUS