Bawaslu dan KPU Perkuat Kerja Sama Hadapi Pilkada
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Bawaslu dan KPU Perkuat Kerja Sama Hadapi Pilkada

INILAMPUNG
Kamis, 16 Januari 2020

KPU Pesisir Barat terima kunjungan komisioner Bawaslu. Foto. Ina. 

INILAMPUNG.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat menerima kunjungan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat, Rabu (15-1-2020).

Pertemuan kedua lembaga penyelenggara pemilu itu untuk memperkuat kerja sama menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada) atau Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Barat pada 23 November mendatang.

Kunjungan Bawaslu Pesisir Barat (Pesibar) disambut Ketua KPU Marlini beserta empat komisionernya, Ramzi, (Divisi Tehnis) Zairi Opani, (Divisi Ormas dan SDM), Marten Efendi, (Divisi Program Data) dan Azwan Feri (Divisi Hukum)

Ketua Bawaslu Pesibar Irwansyah mengatakan, pilkada merupakan hajat bersama yang harus dipersiapkan dengan baik oleh penyelenggara, KPU dan Bawaslu.

Setiap tahapan pelaksanaan pilkada diharapkan ada koordinasi. "Kami berupaya saling sinergi dalam mewujudkan Pilkada Pesbar tahun 2020 yang bersih dan transparan,” ungkapnya.

Kordiv Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sengketa Abd. Kodrat S, mengatakan menyukseskan pilkada adalah kewajiban kita bersama. KPU dan Bawaslu harus selalu berkoordinasi untuk menyamakan persepsi, baik teknis maupun pengawasan.

Sementara Marlini mengharapkan kerja sama antara KPU dan Bawaslu berjalan dengan baik.

Dia menambahkan, KPU kini  sedang mempersiapkan untuk perekrutan PPK (panitia pelaksana kecamatan). "Kami sudah mulai mensosialisasikan perekrutan PPK. Pada tanggal 18 Januari, mulai dibuka pendaftaran PPK," katanya.

Dia berharap Bawaslu ikut mengawasi agar tidak sampai terjadi pelanggaran. Misalnya, masukna pendaftar yang pernah dipidana, atau telah menjabat sebagai PPK selama dua priode yang sama. (ina/inilampung.com).

LIPSUS