Hujan Jakarta akan Dipindahkan ke Selat Sunda
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Hujan Jakarta akan Dipindahkan ke Selat Sunda

rizal ns
Kamis, 02 Januari 2020

INILAMPUNG.COM- Untuk mengantisipasi banjir lanjutan di Jakarta dan sekitarnya, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) berupaya mengalihkan hujan ke selat Sunda atau provinsi Lampung. Pengalihan hujan ini akan dilakukan dengan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

"BPPT berencana menurunkan hujan ke Selat Sunda atau Lampung. Namun, jika arah angin ke timur, hujan akan diturunkan ke waduk-waduk seperti Jatiluhur dan Jatigede," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibowo, dilansir dari laman resmi BNPB, (2/1/2020).

Proses TMC tersebut, BPPT bersama BNPB dan TNI akan mengerahkan dua jenis unit pesawat yakni CN295 dan Casa.

Dampak banjir DKI Jakarta ada di 158 titik kelurahan, 31.232 warga mengungsi. Pengungsi tersebar di 269 lokasi pengungsian di 38 kecamatan terdampak.

Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta M Ridwan mengatakan data tersebut akan terus diperbarui.

"Data tersebut data pukul 19.00 WIB tanggal 1 Januari 2020. Saat ini masih update," kata Ridwan di Jakarta Pusat, Kamis, 2 Januari 2019.

Hingga saat ini, sebanyak 16 orang meninggal akibat banjir yang melanda kawasan Jabodetabek, sejak kemarin. Banjir disebabkan hujan ekstrem yang mengguyur wilayah Jabodetabek pada malam tahun baru 1 Januari 2020.(medcom/inilampung)

LIPSUS