Innalillahi, Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas Meninggal Dunia
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Innalillahi, Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas Meninggal Dunia

rizal ns
Jumat, 03 Januari 2020

INILAMPUNGCOM - Hari ini umat Islam dan masyarakat Indonesia kembali kehilangan sosok guru sekaligus ulama yang disegani. Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Buya Yunahar Ilyas, meninggal di usia ke 63 tahun di RS Sardjito Sleman, Yogyakarta, tadi malam.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah meninggal dunia ayahanda ketua PP Muhammadiyah KH Yunahar Ilyas di RS Sardjito pukul 23.47 WIB Kamis 2 Januari 2020,” ungkap putra Buya Yunahar, Muhammad Hasnan Nahar, dalam pesan singkat yang diterima inilampung.com, Jumat (3/1/2019).

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dr Agus Taufiqurrahman mengatakan, sosok Prof Yunahar merupakan ulama besar yang sangat tinggi dedikasi terhadadap dakwah islam. 

"Bahkan dalam kondisi kurang sehatpun beliau masih aktif berdakwah. Kajian dan karya-karya beliau selalu menginspirasi kami generasi di bawah beliau," kenang Agus Taufiqurrahman.

dr Agus Taufiqurrahman yang selama ini turut mendampingi Prof Yunahar menjelaskan, setelah dirawat di RS Sarjito, Prof Yunahar  semula dalam rangka persiapan cangkok ginjal.

"Namun karena kondisi prof Yun menurun kemudian dirawat di ICU," jelas Agus Taufiqurrahman

Prof Yunahar lahir di Bukittinggi, Sumatera Tengah, 22 September 1956. Dia adalah seorang pengajar dan ulama Indonesia yang lekat dengan Muhammadiyah dan aktif sejak tahun 1986.

Dikenal sebagai aktivis Muhammadiyah, sudah banyak jabatan dalam organisasi itu yang diemban alamrhum. Pada periode 2000-2005, Yunahar pernah menjabat ketua Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus (MTDK) PP Muhammadiyah.

Selanjutnya ia menjabat sebagai salah satu ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah untuk periode 2005-2010; 2010-2015, dan; 2015-2020. Sementara, dalam kesehariannya, ia bekerja sebagai guru besar di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sejak 1987. (zal/inilampung)


Profil lengkapnya dapat diakses disini 

LIPSUS