Cari Berita

Breaking News

Rycko Janji Masalah Banjir di Bandarlampung Rampung Tiga Tahun

Minggu, 19 Januari 2020

INILAMPUNG.COM - Bakal calon Walikota Bandarlampung Rycko Menoza mengatakan, akan menyelesaikan masalah banjir di Kota  Bandarlampung hanya dalam waktu tiga tahun, jika mendapatkan amanah dari masyarakat untuk memimpin kota Bandarlampung.

Hal itu disampaikan saat silaturahim dengan ratusan warga korban banjir di pemukiman padat penduduk, di Kecamatan Wayhalim, Bandar Lampung, Minggu (19/01/2020) sore. 

Rycko juga menyempatkan meninjau sungai yang kerap meluap dan membanjiri pemukimam warga.

Ia mengatakan, penyebab banjir karena beberapa faktor. Seperti sistem drainase, pendangkalan dan penyempitan sungai, serta kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga.

Dalam berbagai kesempatan Rycko menyampaikan bahwa kota Bandarlampung membutuhkan penataan ulang drainase. Karna sistem drainase perkotaan yang selama ini belum dimiliki Bandarlampung, sehingga saat hujan, air menggenangi permukiman penduduk.

Untuk pemukiman padat penduduk ini, dinding penangkis banjir memiliki ketinggian tidak sama sehingga saat hujan datang  air meluap masuk rumah warga melalui dinding yang lebih rendah.

"Masalah banjir bertahun-tahun tidak selesai, kita akan selesaikan dalam waktu tiga tahun," kata dia.

Namun, menurutnya, hal ini juga perlu dukungan penuh dari masyarakat, seperti menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan terutama ke aliran sungai setempat.

Selain itu, Rycko juga mendengar berbagai keluhan warga setempat mengenai berbagai hal seperti harapan kemudahan lapangan pekerjaan bagi kaum milenial,  layanan kesehatan, serta mendengarkan keluhan banyaknya bantuan tidak tepat sasaran bagi masyarakat.(zal/adi/inilampung)

LIPSUS