Cari Berita

Breaking News

Setelah Lulus CAT, Calon PPK Wajib Tes Kesehatan dan Bebas Narkoba

INILAMPUNG
Jumat, 24 Januari 2020

KPU Bandarlampung koordinasi dengan Dinas Kesehatan Bandarlampung (Ist/inilampung)

INILAMPUNG.COM, Bandarlampung - Seluruh calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pilwakot Bandarlampung 2020, setelah lulus tes tulis Computer Assisted Test (CAT) wajib mengikuti tes kesehatan jasmani dan tes bebas narkoba di RSUD dr. A. Dadi Tjokrodipo, Bandarlampung.

Hal itu disepakati pada rapat kordinasi antara KPU, Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD Bandarlampung, hari ini (24/1/2020), di Ruang Rapat Dinas Kesehatan Bandarlampung.

Kemudian, tes akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, mulai tanggal 3 sampai 4 februari mendatang. Untuk tes bebas narkoba, secara khusus melibatkan BNN provinsi Lampung. 

"BNN Lampung yang akan melakukan tes bebas narkoba untuk calon PPK, namun tempat tes tetap di rumah sakit kami," Ujar dr. Indrasari Aulia, Direktur RSUD.

Pada tes kesehatan ini, calon PPK akan menjalani 3 rangkaian cek up, yakni tes jantung (EKG), tes darah dan tes urine. 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan, Edwin Rusli, ketiga jenis tes ini sudah cukup representatif untuk mendapat informasi kesehatan PPK sesuai dengan tuntutan kerjanya. "kami akan dampingi KPU untuk membaca hasil tes kesehatan pada tahap wawancara," katanya.

Di sela-sela rapat, Ketua KPU Kota Bandar Lampung, Dedy Triyadi mengucapkan terima kasih atas fasilitas dan dukungan pemerintah daerah. Khususnya Dinas kesehatan dan direktur RSUD. 

"Tes kesehatan bagi Calon PPK ini gratis, tidak dipungut biaya. Hal ini karena kerjasama yang baik dari Dinas dan RSUD," ungkapnya.

Rapat koordinasi dihadiri ketua KPU Dedy Triyadi, anggota KPU Fery Triatmojo dan Robiul, turut serta Kasubbag dan Sekretaris KPU. Kemudian dihadiri juga oleh Heri Romi dari Dirjen Otda Mendagri. 

Heri hadir dalam rangka melakukan monitoring kesiapan tes kesehatan yang dilakukan dibeberapa kabupaten/kota. "selain akan membentuk Desk Pilkada serentak, dirjen otda juga lakukan supervisi dan spotcheck kesiapan tes kesehatan," Kata Heri.(zal/inilampung)

LIPSUS