Anthony Ginting Tembus Ranking Ketiga Dunia
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Anthony Ginting Tembus Ranking Ketiga Dunia

INILAMPUNG
Sabtu, 15 Februari 2020

INILAMPUNG.COM - Pebulutangkis Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, sukses menembus peringkat ketiga dunia versi BWF. Kepastian itu didapat setelah Ginting mengalahkan pemain India, Sai Praneeth B., pada laga pertama semifinal Kejuaraan Beregu Asia 2020, Sabtu (15/2/2020).

Ginting menang setelah Sai Praneeth menyatakan tidak bisa melanjutkan pertandingan seusai gim pertama berakhir. Sai dinyatakan mengalami cidera.

Dikutip dari Badminton Talk, kemenangan itu membuat Ginting setidaknya mengoleksi 78.332 poin dan sudah cukup untuk menempati peringkat tiga dunia.

Ginting nantinya baru resmi menempati peringkat ketiga dunia saat BWF merilis update ranking mingguan pada Selasa (18/2/2020).

Pemain berusia 23 tahun itu berhak menemapti peringkat ketiga untuk menggeser Viktor Axelsen (Denmark) dan Chen Long (China).

Ginting menjadi tunggal putra pertama Indonesia yang berhasil menembus peringkat ketiga dunia sejak 2014.

Sebelumnya, Tommy Sugiarto menjadi tunggal putra Indonesia terakhir yang menempati ranking ketiga dunia pada 10 April 2014.

Awal tahun 2020 memang menjadi titik balik penampilan Anthony Sinisuka Ginting.

Pemuada kelahiran Cimahi, Jawa Barat, itu mengawali tahun 2020 di peringkat ketujuh dunia di bawah rekan satu negaranya, Jonatan Christie.

Pada Januari lalu, Ginting sukses meraih gelar juara Indonesia Masters 2020 Super 500.

Gelar itu menjadi pelipur lara untuk Ginting yang selalu menjadi runner up pada lima partai final sepanjang tahun 2019.

Berkat gelar Indonesia Masters 2020 Ginting langsung naik ke peringkat kelima dunia.

Ginting kemudian langsung menempati peringkat empat satu bulan berselang.
Kepastian itu didapat setelah Ginting mengalahkan Heo Kwang Hee (Korea Selatan) pada laga penyisihan Grup A Kejuaraan Beregu Asia 2020.

Ginting kemudian langsung naik ke peringkat tiga dunia setelah menyumbang poin pertama Indonesia pada semifinal Kejuaraan Asia 2020 melawan India.

Jika terus bertanding dan meraih kemenangan, Ginting berpeluang menggeser Chou Tien Chen (Taiwan) di peringkat kedua dunia.

Saat ini Chou Tien Chen mengoleksi 80.508 poin di peringkat kedua atau hanya unggul sekitar 2.000 angka dari Ginting.

Anthony Ginting diharapkan terus menjaga performanya sampai ajang Olimpiade Tokyo 2020 pertengahan tahun ini.(komp/inilampung)

LIPSUS