Cari Berita

Breaking News

Bupati Pesisir Barat Harapkan Presiden Resmikan Bandara Taufik Kiemas

INILAMPUNG
Selasa, 11 Februari 2020

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal bersama jajarannya meninjau Jembatan Manula yang terletak di Perbatasan Provinsi Lampung dan Provinsi Bengkulu. Foto. Ina.

INILAMPUNG.COM - Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal mengharapkan sejumlah proyek pembangunan di wilayahnya dapat diresmikan Presiden Joko Widodo.

Harapan itu terkait dengan rencana Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang diagendakan meresmikan Jembatan Manula yang menghubungkan Provinsi Lampung dan Provinsi Bengkulu.

"Bila bapak presiden meresmikan Jambatan Manula, kami berharap Bapak Presiden juga bisa meresmikan Bandara Taufik Kiemas, Jalan Fatmawati, dan juga dapat membuka jalan ataupun jembatan sebagai akses masyarakat Wayharu Kecamatan Bangkunat," ujar Agus.

Harapan itu disampaikan Agus saat meninjau jembatan di Pekon Rataagung Kecamatan Lemong, Krui Pesisir Barat, pada Senin (11-2-2020). Sejumlah pejabat setempat turut dalam kunjungan ini, antara lain Sekda N Lingga Kusuma dan anggota DPRD.

Jembatan yang disebut dengan Jembatan Manula ini menghubungkan Rataagung dan Bintuhan, Bengkulu. Jembatan sepanjang 215 meter dengan lebar 10,5 meter itu, dibangun oleh Kementerian PUPR dan selesai pada akhir 2019.

Lokasinya diapiti dinding tebing dengan pemandangan hutan lindung Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Pengendara yang melintas kerap berhenti untuk ber swafoto.

Asal muasal nama Jembatan Manula rupanya bentuk penghormatan kepada tokoh yang dimakamkan di sekitar jembatan yaitu Syekh Aminullah. Warga setempat melafalkan nama itu menjadi Manula.

Agus berharap, pemerintah pusat dapat memberikan perhatian yang sama kepada masyarakat Bangkunat khususnya Wayharu, termasuk TNBBS.

"Sama halnya dengan yang di daerah Rayaagung perbatasan Lampung-Bengkulu, yang juga merupakan TNBBS begitupun dengan Pekon Wayharu di Kecamatan Bangkunat, agar diperlakukan adil," kata Agus. (ina).

LIPSUS