Cari Berita

Breaking News

Mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak Meninggal Dunia

INILAMPUNG
Rabu, 26 Februari 2020

INILAMPUNG.COM - Mantan Presiden Mesir, Hosni Mubarak, meninggal dunia dalam usia 91 tahun. Mubarak yang pernah memimpin Mesir selama nyaris 30 tahun ini dikenal sebagai wajah kawasan Timur Tengah sebelum dilengserkan militer usai unjuk rasa besar-besaran selama 18 hari tahun 2011 lalu.

Seperti dilansir AFP dan Associated Press, Selasa (25/2/2020), televisi nasional Mesir melaporkan bahwa Mubarak meninggal dunia di rumah sakit militer Galaa di Kairo pada Selasa (25/2) waktu setempat. Saudara ipar Mubarak, Mounir Thabet mengonfirmasi kabar meninggalnya Mubarak.

Thabet menyebut keluarga Mubarak masih ada di rumah sakit dan kantor kepresidenan Mesir akan menggelar upaya pemakamannya.

Menurut televisi nasional Mesir, Mubarak meninggal dunia di rumah sakit yang sama yang menjadi lokasinya menjalani operasi beberapa waktu lalu. Tidak diketahui pasti jenis operasi yang dijalani Mubarak saat itu.

Sejumlah laporan menyebut Mubarak mengalami penyakit komplikasi, namun tidak ada informasi detail soal penyakitnya. Akhir pekan lalu, salah satu anak laki-laki Mubarak, Alaa, mengumumkan bahwa ayahnya berada di bawah perawatan intensif usai menjalani operasi.

Mubarak diketahui memimpin Mesir sejak tahun 1981 lalu hingga lengser tahun 2011 saat Arab Spring muncul. Semasa menjabat, Mubarak dikenal sebagai sekutu Amerika Serikat (AS) dan sangat menentang militansi Islamis.(dt/inilampung)

LIPSUS