Masyarakat Rajabasa Demo Gubernur Arinal, Minta Cabut Izin PT LIP
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Masyarakat Rajabasa Demo Gubernur Arinal, Minta Cabut Izin PT LIP

INILAMPUNG
Senin, 10 Februari 2020

INILAMPUNG.COM - Ratusan massa dari Aliansi Masyarakat Gunung Rajabasa, Lampung Selatan, mendemo gubernur Lampung Arinal Djunaidi, di halaman kantor Gubernur Senin (10/2/2020). 

Massa aksi gabungan 13 lembaga swadaya masyarakat itu mendesak Gubernur Lampung cabut Izin PT. Lautan Indonesia Persada (LIP). Karena perusahan ini terus melakukan penyedotan pasir di Gunung Anak Krakatau (GAK).

“Tsunami yang menerjang Lampung Selatan beberapa waktu lalu, merupakan dampak penyedotan pasir yang dilakukan oleh PT LIP ini, disekitar GAK,” sebut Juhariansyah Warga Gunung Rajabasa Lampung Selatan saat berorasi.

Mereka meminta gubernur secepatnya mencabut izin PT LIP, tak perlu menunggu sampai izin PT tersebut habis Maret mendatang.

“Kami mendesak gubernur segera mencabut izin PT LIP, tanpa menunggu bulan Maret, dan tidak memperpanjang izinnya. Sebab banyak sekali masalah lingkungan yang ditimbulkan akibat penyedotan pasir GAK oleh PT LIP tersebut,” katanya.

Sebelumnya, Arinal Djunaidi meminta tidak mempersoalkan pencabutan IUP pasir laut milik PT LIP di perairan Gunung Anak Krakatau (GAK). Mesti sebelumnya Arinal telah menerima rekomendasi dari DPRD Lampung untuk mencabut Izin Usaha Pertambangan (IUP) milik PT LIP.

“Kita jangan menyoal pencabutan izin PT LIP. Karena izin, berdampak kurang baik terhadap investasi lainnya,” kata Arinal, (21/1).

Diketahui IUP PT LIP habis masa berlakunya di bulan Maret 2020. Namun Arinal menginginkan berakhirnya semua izin investor dalam keadaan baik. 

“Saya ingin, berakhirnya izin semua investor atau investas itu tidak dalam keadaan tidak baik,” kata Arinal.

13 Lembaga se-Lampung Selatan
1. Forum Rakyat Lampung Selatan (Forlas)
2. Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI)
3. Pasukan Elit Inti Rakyat Lampung (PETIR)
4. Dewan Anak Adat (DAA)
5. Himpunan Mahasiswa Lampung Selatan (Himals)
6. Geram Banten Indonesia
7. Laskar Merah Putih Indonesia (LMPI)
8. Jaringan Pengawas Kebijakan Pemerintah (JPKP)
9. Laskar Inti Bersatu Antar Suku (LIBAS)
10. Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI)
11. Ikatan Showroom Motor Kalianda (ISMK)
12. Tim Andalan Masyarakat Pasukan Inti Lampung (TAMPIL)
13. Aliansi Masyarakat Rajabasa (AMR)
(zal/inilampung)

LIPSUS