Pemkab Pesisir Barat Ajukan Anggaran untuk Pugar Rumah Adat
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Pemkab Pesisir Barat Ajukan Anggaran untuk Pugar Rumah Adat

INILAMPUNG
Kamis, 27 Februari 2020

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal bersama para tokoh adat setempat. Foto. Ina.

INILAMPUNG.COM - Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Agus Istiqlal, meminta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat menyetujui anggaran untuk memugar rumah adat 16 Sai Batin Marga yang ada di Pesibar.

Permintaan itu disampaikan Agus Istiqlal di sela-sela sambutan dialog dan audiensi dengan tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat, di Pekon  Sukamarga, Bengkunat pada Rabu, 26 Februari 2020.

Menurut dia, masyarakat Pesibar merupakan masyarakat yang terikat dalam garis adat yang masih cukup terjaga hingga kini.

"Saya berharap agar adat istiadat masyarakat Pesibar yang dinaungi 16 Sai Batin Marga di sepanjang wilayah Pesibar terus terjaga hingga anak cucu nanti," ucap Agus.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Agus meminta legislatif Pesibar menyetujui anggaran yang sudah sejak lama direncanakan. Yakni anggaran Rp1 miliar untuk masing-masing Sai Batin Marga.

"Tujuannya jelas, untuk pemugaran rumah adat sai batin mulai dari pengadaan kayu berkualitas bagus, dan pengadaan perkakas adat yang digunakan dalam kegiatan adat," katanya. (ina).

LIPSUS