Antisipasi Penyebaran Corona, Petugas Periksa Wisatawan Asing
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Antisipasi Penyebaran Corona, Petugas Periksa Wisatawan Asing

INILAMPUNG
Rabu, 18 Maret 2020

Petugas Dinas Kesehatan Pesisir Barat mendatangi penginapan untuk memeriksa wisatawan asing. Foto. Ina.

INILAMPUNG.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesisir Barat melakukan berbagai tindakan sebagai langkah kesiapsiagaan mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Corona Virus Disease 19 (Covid-19).

Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Barat Tedi Zadmiko menyebutkan, tindakan antisipasi itu antara lain dengan melakukan pemeriksaan wisatawan asing.

"Tim Dinas Kesehatan mendatangi vila, hotel, dan penginapan yang ada di wilayah Pesisir Barat. Kami memeriksa para wisatawan asing dengan mengukur suhu tubuh mereka," ujar Zadmiko, Rabu (18-3-2020).

Selain itu, kata dia, tim kesehatan juga melakukan pengawasan di Bandara M Taufik Kiemas sebagai salah satu pintu masuk Pesisir Barat. Setiap warga, termasuk warga negara asing (WNA) yang baru tiba di bandara langsung diperiksa.

"Alhamdulillah, sampai saat ini, per Rabu 18 Maret 2020, tidak ditemukan WNI atau WNA yang positif ataupun terindikasi tersuspek Covid-19," ujarnya.

Semenara upaya pencegahan lainnya, kata dia, Dinas Kesehatan membagikan masker dan hand sanitizer ke kantor atau instansi pelayanan publik. Hal itu untuk mengantisipasi penularan virus Corona. Mengingat, petugas pelayanan publik dinilai paling beresiko karena kontak langsung dengan masyarakat.

Dia meminta para petugas di sektor pelayanan publik agar ekstra hati-hati, menjaga kebersihan tempat bekerja, menjaga kesehatan, mencuci tangan dengan sabun, dan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

"Bahkan, untuk sementara hindari dulu kontak langsung, misalnya bersalaman. Hindari dan minimalkan memegang barang-barang atau alat-alat di area publik. Ini bukan sombong, tetapi semata-mata berjaga-jaga," katanya.  (ina/inilampung.com).

LIPSUS