Bappeda Pringsewu Gelar Lomba Inovasi Tepat Guna
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Bappeda Pringsewu Gelar Lomba Inovasi Tepat Guna

INILAMPUNG
Senin, 09 Maret 2020

Kepala Bappeda Kabupaten Pringsewu Ahmad Fadholi. Foto. Tyo.

INILAMPUNG.COM - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pringsewu menggelar lomba Inovasi Tepat Guna dengan total hadiah Rp42 juta.

Kepala Bappeda Kabupaten Pringsewu Ahmad Fadholi mengatakan tema yang diusung dalam lomba ini adalah Inovasi Produk Unggulan Daerah.

Lomba digelar untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-11 Kabupaten Pringsewu dan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-48 Provinsi Lampung pada April mendatang di Islamic Center Pringsewu.

Dia menjelaskan, syarat peserta lomba yakni warga Kabupaten Pringsewu atau sedang bekerja menempuh pendidikan di Pringsewu.

"Lomba terbagi dua kategori yakni umum meliputi mahasiswa, guru, dosen, penyuluh, PNS (pegawai negeri sipil), kelompok masyarakat (Gapoktan, Posyantek, dll). Kedua, kategori pelajar meliputi SMP/MTs, SMA, SMK/MA dan sederajat," ujarnya, Sabtu (7-3-2020).

Ketentuan lomba, Kepala Bappeda Pringsewu menyebutkan antara lain karya inovatif harus orisinil, milik sendiri dan tidak menyontek karya orang lain yang dibuktikan dengan surat pernyataan orisinilitas. Karya belum dipublikasikan atau diikutsertakan dalam lomba serupa. Berkas dilampiri nama, alamat dan nomor telpon peserta.

"Seluruh berkas dan produk yang dikirim menjadi hak panitia. Serta keputusan panitia lomba tidak dapat diganggu gugat," tegas Fadholi.

Sementara format naskah lomba meliputi abstrak/intisari, pendahuluan (latar belakang dan tujuan), metode penelitian (berisi proses pembuatan, mekanisme, alat/produk inovasi), hasil penelitian, kesimpulan, lampiran (foto produk/desain produk).

"Penilaiannya dari aspek ekonomi, lingkungan, sosial, kepioneran/inovasi, teknis, kesesuaian dengan tema, proposal dan presentasi," terangnya.

Pendaftaran lomba sudah berlangsung. Fadholi menambahkan, peserta dapat mengirimkan berkas lomba berupa soft Copy (CD/file) dan hard copy (print out) dan diantarkan ke Kantor Bappeda di Komplek Perkantoran Pemkab Pringsewu atau dikirim melalui email:  pengendalianlitbangbappedapsw@gmail.com.

"Pengiriman berkas paling lambat pada 21 Maret 2020," jelasnya.

Panitia menyediakan hadiah untuk kategori umum: Juara l Rp10 juta, juara ll Rp8 juta dan juara lll Rp6 juta. Sedang kategori pelajar: Juara l Rp8 juta, juara ll Rp6 juta dan juara lll Rp4 juta. Semua juara juga mendapatkan piala," imbuhnya. (tyo/inilampung.com).

LIPSUS