Cari Berita

Breaking News

VIRUS CORONA: Pemda Magetan Kirim Masker di Taiwan

INILAMPUNG
Jumat, 13 Maret 2020


Bupati Magetan: Suprawoto (antara)

INILAMPUNGCOM -- Upaya perlindungan warga Magetan, Jawa Timur terhadap bahaya virus corona atau Covid -19) patut ditiru, daerah lain di Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur mengirim bantuan sebanyak 20 ribu lembar masker untuk pekerja migran Indonesia asal Magetan yang ada di Hong Kong dan Taiwan.

Cara ini dilakukan, guna meminimalisasi penularan virus corona (Covid-2019) yang saat ini telah mewabah dunia.

Menurut Suprawoto, bupati Magetan-Jatim, masker tersebut dikirim atas permintaan pekerja migran di Hong Kong yang mengeluhkan kelangkaan stok masker di tempatnya bekerja, padahal mereka sangat membutuhkan masker tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus mematikan itu.

"Sesuai data, ada sekitar 3.000 pekerja migran asal Magetan yang bekerja di Hong Kong dan Taiwan," ujar Bupati Suprawoto di Magetan, seperti dilaporkan kantor berita Antara.

Menurut Bupati yang hingga kini berangkat ke kantor---masih suka naik sepeda ontel itu--
itu---proses pengiriman saat ini masih pada tahap pengurusan administrasi yang ditangani oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Magetan.
Suprawoto alias Kang Woto, pakai sepeda ontel (detik)

Sesuai rencana, masker akan dikirim langsung ke Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Hong Kong dan Taiwan melalui PT Pos Indonesia..

"Nantinya kita kirim melalui KJRI. Saat ini proses administrasinya masih disiapkan oleh Disnakertrans," kata dia, Kamis (12/3).

Seperti diketahui, Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang telah menetapkan situasi darurat global terkait mewabahnya virus corona.

Virus corona mulai terdeteksi menjangkiti manusia di Wuhan, China, pada Desember 2019. Kemudian sejak Januari 2020 mewabah di wilayah itu hingga ke beberapa negara lain di dunia, di antaranya, Korea Selatan, Singapura, Hong Kong, Vietnam, Kamboja, Thailand, Nepal, Sri Lanka, Amerika Serikat, Kanada, Jerman, dan Uni Emirat Arab. [R]

LIPSUS