Kembangkan Riset dan Inovasi untuk Kemajuan Lampung
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Kembangkan Riset dan Inovasi untuk Kemajuan Lampung

INILAMPUNG
Rabu, 11 Maret 2020


INILAMPUNGCOM -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) menggelar Rapat Kerja (Rakor) yang melibatkan perguruan tinggi, pengusaha, para pemangku kepentingan, dan semua Balitbangda di Regional Sumatera.

Acara yang digelar di Hotel Emersia, Bandarlampung, Rabu, 11 Maret 2020 tersebut bertema Integrasi Riset dan Inovasi Sumatera untuk Indonesia Maju.


Rakor Litbang Regional Sumatera Tahun 2020, menurut Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, dalam sambutan sekaligus membuka acara yang dihadiri berbagai utusan Balitbangda, perguruan tinggi dan pelaku dunia usaha tersebut. Merupakan koordinasi untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

Dia menjelaskan, pentingnya riset dan inovasi dalam semua lini pembangunan.


“Semua perlu dikoordinasikan antar-daerah agar inovasi dan riset itu berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat," kata Nunik, sapaan akrab Chusnunia Chalim.

Semua itu merupakan prospek cerah bagi dunia usaha dan pemerintah, lanjut Drajat, agar bisa memasarkan produk-produk unggulannya ke dunia internasional.

Sementara itu, Kepala Balitbangda Lampung Hamartoni Ahadis di sela acara Rakor Litbang Regional Sumatera tersebut menyampaikan, bahwa perlu dikembangkan pendekatan kolaboratif antardaerah dan semua pemangku kepentingan agar terwujud Indonesia maju.

Kompetisi dalam era Industri 4.0, jelas Hamartoni, harus dimaknai sebagai upaya membangun potensi menjadi kompetensi melalui kinerja terbaik. "Juga terbangunnya kerjasama semua pihak agar saling melengkapi, sinergis, adanya kemitraan dan kolaborasi untuk Indonesia maju," ujar dia. (endri/inilampung.com)

LIPSUS