Padepokan Seni Bagong Ajak Patuhi 'Batas Jarak'
Cari Berita

Breaking News

banner atas

Padepokan Seni Bagong Ajak Patuhi 'Batas Jarak'

bdy
Senin, 23 Maret 2020


INILAMPUNG.COM - Menghadapi pandemi virus korona yang dikenal Covid 19 kini menjadikan manusia di dunia cemas. Di sejumlah negara melakukan kuncirara (lock down), lainnya pembatasan jarak, dan himbauan bekerja, bersekolah, beribadah dari rumah.

Ajakan bersama dan solider untuk turut menghentikan 'gerakan' korona agar tidak berkembang dan hidup lama, menjadi kesadaran bersama dan serentak. Kesehatan lebih penting dari apapun.

Yayasan Padepokan Seni Bagong Kussudiarjo, melalui surat elektronik juga mengimbau untuk bersama mematuhi pembatasan jarak. Berikut surar Yayasan Padepokan Seni Bagong yang diteken Jeani Park.


Teman & Kolega yang terhormat,

Ketika kita dihadapkan dengan keadaan yang belum terpetakan terkait dengan pendemi coronavirus (COVID-19) saat ini, kami ingin menyampaikan rasa keprihatinan yang mendalam kepada banyak orang yang terdampak. Kami menuliskan pesan ini dengan menyadari potensi dampak sosial ekonomi yang akan terjadi secara global, sekaligus dalam solidaritas bersama rekan-rekan di sektor seni dan budaya yang berada di tepi tantangan yang akan datang.

‘Hidup dalam ketidakpastian’ bagi sektor seni dan budaya Indonesia bukanlah sesuatu yang jarang, namun tiba-tiba hal ini meningkat ke level yang lebih tinggi. Di tengah kemungkinan kondisi yang berat dalam sektor kesenian, kami mendorong seniman dan praktisi budaya untuk menambah semangat dan praktik kreatifnya dengan mengeksplorasi kemungkinan baru untuk lebih memperkuat relevansi, meningkatkan jangkauan keseniannya, dan memberdayakan masyarakat pada saat yang genting ini. 

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) berkomitmen untuk melindungi kesehatan dan keselamatan masyarakat luas dengan mematuhi perilaku pembatasan jarak sosial (social distancing) dan akan menawarkan akses on-line alternatif bagi program acara seni untuk publik. 

Kami juga berkomitmen untuk tetap mendukung proses kreatif seniman yang membutuhkan akses fasilitas di PSBK dengan menerapkan prosedur kesehatan dan keselamatan, serta mengikuti perkembangan terkini yang disarankan oleh sumber informasi resmi.

Kami sangat berterima kasih kepada staf dan mitra kami yang berdedikasi dan terus bekerja keras dalam perencanaan dan pengembangan akses seni alternatif di masa yang akan datang. Saat organisasi-organisasi budaya lain di seluruh dunia telah berhasil memanfaatkan teknologi informasi untuk menyediakan akses, sekarang saatnya bagi kita menyiapkan infrastruktur yang tepat untuk memastikan konektivitas.

Melalui surat ini, kami juga ingin mengajak Anda untuk turut berpartisipasi dalam eksplorasi baru presentasi pertunjukan Jagongan Wagen edisi Maret yang dikemas dalam tayangan audio visual dan disiarkan perdana melalui saluran online di Youtube Media PSBK pada 28 Maret mendatang, pukul 20.00 WIB. Asita Kaladewa (Hibah Seni PSBK) dengan karya pertunjukan pantomim “Nafas Nafsu” yang akan dipresentasikan di Jagongan Wagen, telah berbesar hati untuk menyesuaikan diri dan membatasi interaksinya dengan penonton. Keyakinannya bahwa rasa dari gagasannya dapat tersampaikan ke hati penonton dengan medium lain, kreativitas masih bisa terus berjalan bahkan akan menghasilkan kejutan lain.

Kepada semua rekan konstituen di bidang seni dan budaya (para pemimpin, advokat, pendukung, patron, lembaga pemerintah); peran dan kemitraan kita sekarang semakin relevan dari sebelumnya, untuk saling mendukung dan memperkuat kapasitas kita dalam melayani kemanusiaan melalui seni. Peran kita dibutuhkan tidak hanya dalam menghasilkan karya seni yang akan diuntungkan dari euforia partisipasi publik setelah periode pembatasan jarak sosial ini berakhir; tetapi menciptakan budaya yang memungkinkan masyarakat untuk melindungi kesehatan dan keselamatan orang lain dengan belas kasih, dan untuk membangun masa depan yang berkelanjutan.
 
Ketika dunia terbenamkan dalam keheningan, ini menjadi momen unik untuk merenung dan peka dalam menghadapi tantangan di depan kita. Semoga Anda semua senantiasa sehat dan dalam kondisi yang baik selama masa yang tidak pasti ini.
 
Tetaplah terhubung, informasi terbaru akan tersedia melalui akun media sosial dan website kami.
 
Salam hormat,
 
Jeannie Park
Direktur Eksekutif
Yayasan Bagong 

LIPSUS